Meirizka Regina 1701 3308 64

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Panti Jompo Kelas Premium ini berkonsep desain The Endless Sea didedikasikan bagi para lansia penghuni panti demi memiliki perasaan tenang, setenang ombak tepi pantai.

Penempatan furnitur berikut dekorasi merespon ruang interior serasi dengan suasana hati yang tenang, lembut dan damai demi menghadirkan ruang luas-terbuka. Mood pantai adalah yang menggunakan kain tirai bewarna krem pasir dan biru langit, begitu juga pada kain sofa, sprei dan sarung bantal, kap lampu meja, finishing kayu terang pada furnitur, dan penggayaan dinding memakai bata tempel.

Memilih warna yang hangat memberi kesan tenang dan familiar dapat membantu penghuni lansia merasa lebih nyaman. Penggunaan variasi warna juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif warga lansia. Warna-warna yang terang cenderung lebih disukai karena warna-warna pastel terlihat kurang jelas di mata warga lansia. Selain itu, warna terang juga merangsang warga lansia agar tidak mudah pikun.

Cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan melalui bukaan dari jendela dan ventilasi. Pada malam hari, penggunaan lampu yang berwarna putih akan lebih baik karena cahayanya lebih mudah ditangkap oleh kemampuan penglihatan warga lansia yang sudah menurun, akan tetapi pada saat beristirahat ada baiknya jika masing-masing ruang menggunakan lampu yang berwarna kekuningan agar mata juga beristirahat.