MichelleĀ 1701 3723 30

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Jelajah Masa. Jelajah yaitu perjalanan dan pergerakan dari sebuah titik ke titik lainnya yang menjadi tujuan. Masa yaitu waktu, dekade, atau era suatu waktu dari dulu hingga sekarang. Nikmati pengalaman menjelajah Batavia melalui kata kunci interaktif, kronologis, kontras.

Perancangan interior bergaya interior kolonial indische pada Museum Sejarah Batavia, gaya yang memberikan kesan interior bangunan Belanda di Batavia pada eranya sebagai Jelajah Masa, sekaligus menonjolkan bangunan Gedung Cipta Niaga sebagai warisan budaya berdiri sejak tahun 1900an. Beratnya rasa ruang masa itu untuk menampakkan kekuasaan dan kekokohan keberadaan penguasa ditampilkan melalui ukuran lemari, kursi, tempat tidur 4 tiang, meja kopi, frame jendela dekorasi pada dinding yang serba besar dan menjulang tinggi. Ruang-ruang pamer yang memajang artefak masa lalu menurunkan rasa berat itu dengan sistem display yang bersih dari dekorasi dan ramping. Hal ini demi mengimbangi benda-benda pajang yang sarat dengan bentuk bertakik yang tajam, penuh ukiran serta bewarna gelap.

Begitu pun pemilihan material pada furnitur, lampu, dinding, lantai, langit-langit serta elemen dekoratif. Kesesuaian dengan tema melalui komposisi warna kayu tua yang gelap dengan putih gading yang lembut kemudian warna perak dan emas sebagai aksen pernyataan keanggunan dan kemewahan jaman itu. Sementara panel informasi tetap kontras dengan suasana romantis kolonial untuk memberi jarak kepada pengunjung agar fungsi sebagai pemberi informasi data museum tersampaikan.