Michelle Chandra 1701 3041 72

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Perancangan interior menawarkan konsep fun but firm . “Fun” yang berasal dari permainan sekaligus media terapi anak berkebutuhan khusus yaitu puzzle. Mengadopsi bentuk dan karakter puzzle ke dalam desain yang organik, teratur dan aman. Sedangkan “Firm” berarti kuat, erat dan tegas. Filosofi puzzle mewakili karakter anak berkebutuhan khusus yang kompleks sehingga mesti diperlakukan dengan pendekatan yang personal. Keping-keping puzzle mirip satu sama lain. Akan tetapi bila sudah disusun seluruh keping akan menghasilkan karya yang berbeda sama sekali dengan susunan utuh keping puzzle lainnya.

Pemilihan warna untuk dikombinasikan ke dalam padu-padan interior dalam ruang-ruang pada Saraswati Learning Center dibatasi hanya 4 warna saja. Warna adalah elemen visual yang paling sensitif dirasakan oleh anak-anak berkebutuhan khusus. Kesensitifan ini akan menimbulkan akibat yang fatal yang dapat mencederai diri sang anak serta orang di sekitarnya. Interior menghindari kecenderungan warna yang terang, primer, mencolok agar tidak memicu perilaku hiperaktif, hipersensitif dan emosi yang meluap. Pembatasan pada 4 tipe warna ini pada warna  muda cenderung pucat, menenangkan sekaligus tidak gelap (bukan hitam dan turunannya) dan tidak juga monokrom (menimbulkan depresi).