Nadia Karin Adela 1701 3538 93

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Perancangan interior berkonsep spiritual dilakukan pada Taman Kanak-kanak Islam model belajar sentra yaitu model belajar dengan pendekatan dakwah. Konsep ini mentauladani Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan ajaran Agama Islam di tanah Arab dengan kasih-sayang . Konsep perancangan  dalam interior TK Islam mendukung kegiatan belajar-mengajar siswa dan guru dalam mengenal, memahami, menghargai sekaligus menerapkan perilaku dan akhlak Islami sesuai kisah perjalanan dakwah Rasulullah SAW.

Ruang bermain dan belajar dengan pengembangan model sentra mengutamakan proses pembelajaran berpusat pada guru sekaligus sambil bermain. Model pembelajaran sentra menanamkan nilai–nilai Asmaul Husna membentuk budi-pekerti anak.  Untuk itu interior mengikuti pola berimbang yang meletakkan elemen interior sama ‘berat’ kanan dan kiri. Pemilihan furnitur bagi ruang-ruang kelas ramah anak dan dibatasi. Pemanfaatan dinding untuk edukasi sejarah dakwah dan perjalanan Nabi melalui mural dan poster. Pendekatan pembelajaran visual efektif bagi anak usia dini.

Pengelompokkan ruang didukung oleh pengelompokkan warna sebagai penyekat bukan  partisi atau dinding yang menghalangi pandangan. Kesan terbuka untuk menanamkan pada anak kebiasaan berpikir luas, melihat luas dan bergerak bebas.