Ni Made Kharisma Dharma Kerti 1701 3315 32

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Rumah sakit khusus hewan adalah sebuah fasilitas yang bergerak di bidang kesehatan. Yang dimana terjadinya proses aktifitas yang berhubungan dengan kesehatan didalamnya, penataan interior didalamnya harus dibuat sedemikian rupa sehingga para pengguna fasilitas tersebut dapat menjangkau ruangan satu dengan ruangan lainnya. Mengingat rumah sakit khusus hewan ini lebih diperuntukkan buat klien dan hewan peliharaannya.

Tema perancangan interior Rumah Sakit Khusus Hewan Peliharaan ini adalah “Cinta Kasih dan Persahabatan”. Cinta kasih adalah sebuah rasa dimana yang tumbuh dari dalam hati akan sesuatu yang sangat disayangi, sedangkan persahabatan adalah sebuah ikatan yang tercipta yang didasari oleh cinta kasih. Cinta kasih dan persahabatan dapat tercipta dengan adanya waktu yang diluangkan antara klien dan hewan peliharaannya.

Dalam perancangan Rumah Sakit Khusus Hewan Peliharaan ini tidak hanya memperhatikan dari segi fasilitas kesehatan saja, namun juga akan dirancang fasilitas ruang bermain bagi para hewan. Konsep yang digunakan adalah penggabungan antara penghawaan alami dan buatan namun bagaimana tetap bisa menghadirkan suasana yang seolah-olah hewan yang sedang dirawat berada di taman maupun outdoor. Hal ini bertujuan dimana para pemilik hewan dapat sering mengunjungi dan bermain bersama hewan mereka selagi dalam masa penyembuhan yang dimana sifat dasar dari para hewan adalah senang untuk bermain dan akan memberikan efek penyembuhan seacara psikologi lebih cepat terhadap hewan peliharaan.