Octavianda Widyanpramesty 1701 2930 42

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Setiap anak memiliki cita-cita. Kadang satu, kadang lebih. Cita-cita menjadi dokter, astronot, polisi, pilot, koki. Tema cita-cita kemudian mendasari perancangan interior Taman Kanak-kanak selanjutnya. Beberapa profesi melalui atribut keprofesiannya diadaptasi ke dalam ruang-ruang kelas. Tema cita-cita berwujud profesi ini dikelompokkan menjadi Petani dan Peternak, Seniman, Pilot, Polisi, dan Koki. Pemilihan kategori ini berdasarkan jenis cita-cita yang umum diinginkan oleh anak usia dini sebagai cita-cita mereka saat besar nanti.

Warna polikromatik alias warna-warni diterapkan dalam interior TK. Warna tampil sebagai penegasan zona profesi yang membedakan ruang-ruang kelas. Saturasi warna-warni diturunkan agar ruangan tetap bisa memenuhi fungsi arena belajar. Permainan warna yang maksimal dengan batasan intensitas warna terpapar cahaya lampu memantul ke mata anak-anak adalah keunggulan perancangan interior.

Berikut beberapa makna pada setiap warna.

Merah  : Bersemangat, gembira.

Kuning   : Optimis, kreatif.

Hijau  : Tenang, santai, alami.

Biru   : Sejuk, damai, luas.

Ungu  : Lembut, aman.

Orange  : Percaya diri, persahabatan.

Pastel  : Menyenangkan, menenangkan, lembut.

Putih   : Bersih, tentram, aman.

Hitam  : Percaya diri.

Coklat   : Hangat, kuat, alami.

Padu padan warna dalam ruang belajar menggiatkan siswa berpikir sambil bermain sekaligus melunturkan rasa tegang dan takut.