Rachael Anindya 1701 3019 65

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Perancangan interior Boutique Hostel ini didasari oleh kebutuhan tempat menginap ekonomis, nyaman dan berkualitas. Target pasar adalah mereka yang datang ke kota Bandung dengan berkelompok untuk berwisata, yang menginginkan kumpul-inap bersama dalam satu kamar.

Sistem tempat tidur pod dan area komunal pada setiap lantai yang diterapkan pada perancangan ini. Tempat tidur dengan sistem pod memberikan mereka privasi secara individu melalui blinds yang menutupi ranjang, namun tetap berada dalam satu kamar. Kapasitas 1 kamar memuat 4 hingga 6 pod dapat menampung 8 – 12 sekali menginap. Interior bernuansa Paris Van Java membuat hostel tampil anggun dan mewah. Para tamu disuguhkan pengalaman berbeda dengan merasakan suasana Bandung pada jaman penjajahan Belanda dengan interior yang menyerupai suasana di kota Paris namun tetap memiliki sentuhan lokal khas Bandung yaitu bergaya Art Deco ala iklim Indonesia sehingga tampil tidak terlalu Eropa.

Gaya Art Deco memiliki ciri khas yang cukup signifikan, yaitu bentuk-bentuk geometris yang kaku dan bersudut, material-material yang mewah, dan dekorasi umumnya tampil memanjang. Warna-warna mencolok dan berani seperti kuning, merah, hijau, biru dan pink yang bersinergi dengan silver, hitam dan krom. Kombinasi warna yang lebih lembut krem dan beige pada beberapa bagian menghias ruangan menjadi anggun. Warna-warna ini terlihat semakin indah menyatu dengan warna material kayu pada furnitur yang sudah dipernis.