Tahmid Mursyani Mursyid 1501 2055 23

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Musik menjadikan siswa lebih sukses di sekolah. Kemampuan yang dipelajari melalui disiplin musik, transfer kemampuan belajar dan kemampuan berkomunikasi, bersosialisasi yang merupakan wilayah kognitif bermanfaat menyerap pelajaran dalam kurikulum sekolah. Partisipasi dalam ansambel juga menjadikan siswa lebih sukses dan percaya diri. Hal ini membantu siswa belajar bekerja lebih efektif dalam lingkungan sekolah serta menyurutkan tindakan kekerasan dan perilaku tidak pantas lainnya.

Mendesain interior gedung musik Fakultas Seni Musik IKJ fokus pada local content kesenian Betawi melalui alat musik tradisional Betawi. Selanjutnya perpaduan antara gaya modern yang memiliki karakteristik dasar lugas berupa garis dan bidang geometris, asimetris, atap datar, tekstur halus, efisien, fungsional, dan garis yang bersih (tidak banyak kerumitan ukiran). Alat  musik tradisional seperti gendang, gong, gambang, kecrek, bonang memiliki bentuk dasar geometris, serta warna-warna cerah merona khas Betawi yang dipadukan dengan material kayu yang banyak digunakan pada rumah adat Kebaya (rumah adat Betawi). Penggunaan bentuk geometris disusun secara berulang dengan teknik kombinasi beragam menghasilkan bentuk baru modern yang memberikan sentuhan interior berbeda di sana dan berirama.

Penerapan dinding ganda dengan rockwool lalu dilapisi dengan perforated panel berfungsi meredam suara bagi kegiatan belajar-mengajar tidak terganggu. Treatment akustik ruang kelas dan ruang pertunjukan untuk kualitas suara agar terdengar selalu jernih dan natural. Treatment akustik juga dilakukan agar suara yang ada di dalam ruangan tidak merembes (bocor) dan suara yang berasal dari luar tidak tembus ke dalam ruangan. Oleh karena itu, pemilihan dan penggunaan material akustik pada interior harus tepat.