Talita Priaprilia 1701 3450 33

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Montessori adalah metode pendidikan khusus anak usia dini yaitu program berkualitas untuk menyiapkan anak bertumbuh-kembang menjadi mahkluk sosial yang mandiri, tekun, disiplin dan sosok pembelajar yang bahagia. Sekolah dan ruang belajar serta bermain mereka harus siap mendukung program montessori mengajarkan keteraturan, kemandirian, pembelajaran terarah, lingkungan tenang dan menjadikan anak sebagai pusat proses pembelajarannya. Salah satu ruang tersebut adalah memuat fasilitas perpustakaan.

Konsep perancangan furnitur dan aksesoris ruang perpustakaan dengan metode Montessori ini adalah comfy consolatory learning. Konsep menjadikan kegiatan membaca adalah kegiatan yang tak terpisahkan dari bermain dan terasa bahagia.

Mulai dari kursi membaca sesuai materi sensorik yang dipilih adalah kotak warna. Bentuk dan warna dituangkan pada desain kursi, sambil duduk, memori sensorik anak merekam bentuk-bentuk dalam ragam warna tersaji. Kursi memenuhi standar keamanan bagi anak-anak yang aktif, selalu berpindah-pindah tempat, kursi ini mudah digeser karena ringan dan empuk. Kursi memungkinkan diduduki dengan berbagai gaya duduk.

Meja baca&tulis anak berbentuk lingkaran, demi keleluasaan gerak karena tanpa sudut dan kesatuan karena berpusat. Cocok dengan metode Montessori; gerakan dalam kegiatan aktif dalam kelompok merupakan poin pengajarannya. Meja dapat disatukan maupun dipisah dengan desain membagi kue. Lagi-lagi anak akan merekam cara berbagi dan berhitung melalui desain meja ini.