Tommy Soenarto 1701 3320 05

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Keberadaan area reading lounge pada Perpustakaan Umum Daerah Ibukota Jakarta bertujuan memberikan suasana tenang, nyaman sekaligus santai bagi pengunjung yang butuh konsentrasi  selama membaca, fokus mengkaji bacaan di Perpustakaan tersebut. Konsep perancangan furnitur untuk ditempatkan pada area ini adalah desain kompak yang memberikan privasi  selama membaca. Desain furnitur dengan kriteria desain bersandaran punggung tinggi dan menutup 2/3 ruang duduk seseorang, serupa konsep work-station; dilengkapi dengan meja dan lampu baca individu.

Hijau adalah warna sahabat alam. Hijau baik untuk meredam emosi dengan membangkitkan rasa tenang kemudian membangun konsentrasi. Cocok bagi kegiatan membaca. Padanan warna furnitur yaitu hitam, berkaitan dengan nilai efisiensi, profesional dan fokus. Konsentrasi dipenuhi melalui desain furnitur dengan ukuran sandaran tinggi melebihi kepala yang mengeliling bahu hingga menutupi kedua sisi bahu. Desain ini mampu meredamkan suara dan membatasi radius penglihatan terhadap sekitar sehingga privasi terpenuhi.

Desain kursi menggunakan rangka multipleks yang bagian tengah diisi busa rebonded kemudian dilapisi kulit sintetik untuk meredamkan suara. Dudukan kursi menggunakan busa rebonded dan dakron yang dibungkus kulit sintetik jahit tepi, kaki kursi menggunakan kayu mahoni finishing natural doff.