Willy Wijaya 1701 3147 85

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2017

Kondotel (Kondominium Hotel) merupakan bangunan hotel yang terdiri dari unit-unit layaknya apartemen. Tiap unit memiliki dapur, ruang duduk atau kamar tergantung tipe yang ada, termasuk juga tipe studio. Kondotel menyediakan fasilitas hotel seperti kolam renang, spa, restoran, meeting room dan fasilitas lain sesuai dengan bintang. Bedanya, unit kamar kondotel bisa dimiliki oleh pribadi-sebagai tempat tinggal- yang menginginkan suasana hotel.

Perancangan interior berkonsep konten lokal Tari Topeng Betawi yaitu karakter dalam cerita, gerakan, alunan tari tersebut. Cerita memuat kritik sosial dan nasehat bagi masyarakat melalui banyolan halus dan lucu. Gaya interior kondotel pun ikut “nyeleneh” menampilkan bentuk-bentuk unik agar tercipta kontras pada ruangan. Gaya modern dimanfaatkan sebagai sentuhan kekinian karena desain harus bernafaskan zaman di mana dia berada. Gaya modern tampil melalui nilai kerapihan produksi, kesederhanaan ornamen, kesadaran penggunaan material melakukan pemilihan yang hati-hati serta kepresisian detail pada elemen desain interior. Warna nature-rustic style alias warna pastel netral memberi nuansa alam nan lembut. Komposisi warna dengan aksen coklat diterapkan pada dinding, lantai, ceiling , furnitur sampai dekorasi.

Pencahayaan pada restoran menggunakan general lighting menggunakan downlight  dipadukan dengan uplight pada ceiling  serta decorative lighting seperti lampu gantung dan cahaya dramatis khusus area lobby kondotel.