Ghassani Nabila Tanri 1801401640

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2018

Perpustakaan Kecantikan dan Kesehatan Nusantara merupakan wadah bagi masyarakat, khususnya komunitas berbasis kecantikan, memanfaatkannya untuk bertemu, meminjam buku, berdiskusi, bedah buku, update teknologi kecantikan terkini, demo keterampilan berias, dsb. Semua seputar kecantikan. Serba-serbi kecantikan. Perpustakaan ini memiliki banyak misi berbagi dan menyebarluaskan kecantikan wanita Indonesia.

Perancangan interior bermuatan lokal nusantara demi melestarikan tradisi kecantikan sekaligus kesehatan wanita Indonesia sesuai dengan kaidah interior ruang perpustakaan. Konsep Beauty of Sekar Jagad terinspirasi dari Batik Sekar Jagad yang mempunyai makna yaitu kecantikan dan keindahan keragaman. Penerapan konsep ini dapat dilihat dari bentuk modular yang terinspirasi dari motif Batik Sekar Jagad pada wall panel, partisi, furnitur dan aksesoris di dalamnya. Warna-warna utama yang digunakan adalah netral seperti beige, coklat tua, abu-abu, dan putih, sedangkan warna biru dan metallic bronze menjadi warna aksen dan pop of colour.

Penghawaan dan pencahayaan yang diterapkan disesuaikan dengan kebutuhan ruang. Material yang digunakan adalah marmer, karpet, tinted mirror, plat besi, dan kayu solid. Juga terdapat penerapan teknologi yaitu tersedianya standing screen yang bisa digunakan untuk browsing, bermain beauty mini games, dan multimedia / audiovisual. Konsep ini menggunakan gaya kontemporer, dibentuk sedemikian rupa untuk menciptakan citra ruang yang luxurious dan comfortable.