GHINA RAHMATUNNISA 1801443933

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2018

Balet merupakan bentuk kesenian tari internasional. Balet di Indonesia, khususnya di Jakarta berkembang cukup menjanjikan, ditandai banyak bermunculan sekolah balet. Sekolah balerina memiliki studio balet serupa studio senam. Begitu pula dengan Pusat Tari Balet Sumber Cipta. Sekolah informal ini menjadi sarana kumpul dan pentas komunitas balerina. Sekolah Pendidikan Tari Sumber Cipta didirikan tahun 1976 oleh Farida Oetoyo. Farida Oetoyo merupakan lulusan dari Akademi Balet Bolshoi Moskow, Rusia. Beliau lulus dengan gelar ‘Artist of Ballerina’ dengan nilai terbaik.

Konsep dari pusat tari balet ini adalah Tranquility at Swan Lake, dengan gerakan salah satu teknik balet memutar (pointe dan allegro) dengan cara penuh ketenangan dan lemah lembut. Swanlake dianggap sebagia seri terakhir dari kejayaan balet di Rusia pada abad ke 19, dimana ballet tengah mencapai puncak keemasannya pada zaman Renaissance. Dengan menari balet, dapat menciptakan susasana yang gembira namun tetap tenang.

Menari memerlukan gerakan yang energik namun menari balet juga mempunyai sisi anggun yang indah, pergerakan dalam tari balet menginspirasi untuk membuat ruangan yang memprentasikan dari gerak itu sendiri. Dengan citra ruang yang baik dan cocok akan membuat tarian lebih bermakna. Bentuk dasar yang digunakan pada perancangan ini adalah bentuk organik. Bentuk organik diambil dari bentuk sayap angsa yang berlapis-lapis dan teknik dari tarian balet, yaitu pointe dan allegro.