Juwita  1801444476

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2018

Perpustakaan Anak khusus mewadahi aktifitas membaca, menulis, mendongeng dan mengembangkan panca indera mereka melalui literatur yang tersedia di perpustakaan. Menyadari minat baca anak teralihkan oleh arus deras gawai berbasis digital, maka perpustakaan tertantang memfokuskan dirinya bagi anak usia dini hingga menjelang remaja. Melalui desain interior yang menunjang kegiatan membaca dan bermain, anak-anak diajak betah dan senang kembali mengunjungi perpustakaan.

Cerita Kelinci dan Kura-Kura adalah cerita fabel anak diangkat sebagai konsep perancangan. Cerita ini menemani anak-anak di setiap ruang dengan karakter kelinci dan kura-kura hadir di sana-sini. Idenya yaitu story telling, bercerita. Ruang-ruang memuat kisah tersebut dekat dengan anak selama berada di perpustakaan.

Ruang-ruang membaca dalam perpustakaan memuat furnitur yang dibutuhkan dan beragam. Rak penyimpanan buku, meja dan kursi warna-warni yang menggemaskan, lapisan karpet berbahan karet yang empuk dan mudah dibersihkan dari debu dan noda, dinding yang penuh mural berkisah Kelinci dan Kura-kura, pencahayaan tidak silau, serta ornamen dekoratif menguatkan rasa berada di ruang imajiner. Dunia anak-anak.