Kezia 1801390800

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2018

Timah merupakan salah satu hasil bumi Indonesia yang berasal dari pulau Bangka Belitung. Di Kota Pangkal Pinang yang merupakan ibukota Bangka terdapat Museum Timah. Perancang mengusulkan museum dibangun di dalam lokasi TMII yang bertujuan memberikan pengetahuan dan sejarah pertambangan timah yang hasilnya selama ini dinikmati oleh rakyat Indonesia.

Pulau Bangka Belitung terhampar bekas pertambangan timah. Bentuknya serupa danau dengan warna biru-hijau dengan hamparan pasir putih di sekitarnya. Inspirasi alam ini menjadi konsep perancangan interior area pameran Museum Timah dengan alur zona sebagai berikut:

Menggunakan bentuk dan pola memutar yang terinspirasi dari cara ngelimbang timah (mencari timah yang hanyut). Sirkulasi yang akan dipakai pada museum Timah adalah sirkulasi linier. Sirkulasi linier diterapkan pada Museum Timah ini bertujuan agar pengunjung dapat lebih mudah dalam menggali informasi tentang timah karena dengan bentuk sirkulasi linier ini akan mengarahkan pengunjung kesemua area tata pajang dengan teratur sehingga tidak ada yang terlewatkan.