TANTIA ZEFANIA WIJAYA 1801414750

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2018

Masyarakat Bali dikenal sebagai masyarakat yang kental memegang teguh budayanya, mendapat pengaruh Hindu dari Jawa ke Bali. Kemudian fenomena globalisasi turut mempengaruhi kehidupan yang mengakibatkan perubahan pada pola pikir masyarakat Bali.

Globalisasi membawa banyak perubahan pada budaya dan kesenian Bali melalui pariwisata. Perubahan budaya Bali ini mengubah persepsi orang Bali terhadap identitasnya. Perubahan yang paling mendasar yaitu dari seni lukis dan seni patung Bali. Pengaruh baru beragam datang dari penjuru dunia sebagai dampak dari pariwisata. Penciptaan seni patung maupun seni lukis kini semarak mengusung konsep kebebasan berekspresi seorang seniman. Seniman tidak lagi menciptakan patung maupun lukisan yang menggambarkan dewa-dewa dengan pakem tertentu.

Seiring berjalannya waktu karya-karya seniman pada zaman terdahulu sangat menyusut digantikan oleh gaya seni lukisan dan patung yang baru.

Museum Lukisan dan Patung Bali merupakan medium konservasi menyelamatkan sambil melestarikan karya-karya indah seniman Bali sepanjang masa. Museum yang membuka mata masyarakat Bali dan Indonesia untuk terlibat dalam melestarikan, berinteraksi dan berpartisipasi aktif menyebarkan keindahannya kepada dunia.

Perancangan interior Museum Lukisan dan Patung Bali mengusung konsep wisata-belajar yang berbasis teknologi dimana perwujudannya adalah kombinasi nilai lokal-tradisi dalam multimedia. Perancangan ini bertujuan membangkitkan minat kalangan muda untuk mempelajari, mendalami, mengagumi dan melestarikan gaya lukisan dan patung tradisional Bali.

Museum terbagi atas 5 zona; zona public, zona semi public, zona private, zona semi private dan zona service yang memiliki fungsi sesuai dengan aktifitas yang terjadi di dalam ruangan.