Vinsen 1801397832

Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2018

Perancangan interior Museum Peralatan Militer TNI terfokus pada tiga ruang khusus yaitu:

  • Ruang Lobi dan Tiket (Lobby and Tickets), ruangan ini merupakan ruangan pertama yang akan dilalui oleh pengunjung dan berfungsi sebagai tempat untuk membeli tiket masuk bagi pengunjung kedalam area museum, serta juga menyediakan area untuk menunggu dan loker untuk menyimpan barang.
  • Ruang Pusat Tentara (Soldier Center), ruangan ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan memamerkan berbagai atribut dan peninggalan bersejarah milik para prajurit yang berjuang dalam kemerdekaan indonesia, sehingga benda-benda koleksi yang ditampilkan sangat dramatis karena kaya akan nilai sejarah.
  • Ruang Pameran Utama (Main Hall Exhibition), ruangan ini adalah ruangan pameran utama yang menampilkan benda-benda koleksi terbaik museum berupa kendaraan-kendaraan perang.

Dramatic in Industrial Futuristic adalah konsep perancangan demi membawa pengunjung merasakan suasana ruang seperti berada di dalam sebuah pabrik peralatan dan kendaraan militer TNI. Pabrik tersebut adalah gambaran pabrik yang modern dan futuristik dengan pencahayaan ruangan yang dramatis. Elemen interior dan benda koleksi museum berupa peralatan dan kendaraan tempur tampil menonjolkan objek koleksi museum. Pengunjung diajak menikmati benda-benda pajang militer Indonesia yang membanggakan dengan antusias dan nasionalis tinggi.

Terdapat area dimana suasana interior yang dramatis dan industrial futuristik dalam versi benda pajang dengan kondisi usang dan hancur akibat terjadinya perang militer. Pengunjung merasakan sensasi dan suasana perang yang sesungguhnya. Penampilan dipadukan dengan teknologi modern seperti sound system dan teknologi multimedia interaktif untuk menciptakan suasana realistis dalam ruang yang dramatis.