Pada tanggal 8 Oktober 2019, mahasiswa semester 1 jurusan Desain Interior BINUS University melakukan field trip ke 2 museum yaitu, Museum Macan dan Galeri Nasional Indonesia. Field trip ini dilakukan sebagai pengkayaan dan peningkatan wawasan mahasiswa terhadap seni dan desain terutama dalam rumpun mata kuliah Sense of Design dan Art Principal. Kegiatan ini melibatkan seluruh mahasiswa semester 1 dan 6 dosen pendamping.

Tujuan pertama adalah Museum Macan. Di museum ini sedang berlangsung pameran seniman internasional asal Cina, yaitu Xu Bing. Selain melihat pameran tersebut, mahasiswa juga diajak berkeliling untuk melihat pameran koleksi tetap Museum Macan, serta salah satu koleksi populer mereka yaitu the Infinity Mirrors Room karya Yayoi Kusama.

Tujuan berikutnya adalah Galeri Nasional Indonesia, disini mahasiswa berkeliling untuk melihat koleksi pameran tetap Galeri Nasional yang terdiri dari mahakarya seniman-seniman Indonesia, seperti Raden Saleh, Affandi, S. Sudjojono dan lain sebagainya. Selain melihat pameran tetap, mahasiswa juga melihat pameran temporer yang sedang berlangsung saat itu, yaitu Sketsaforia Urban yang menampilkan karya-karya sketsa dari berbagai komunitas pelukis sketsa di Jakarta dan sekitarnya.

Penulis: Anak Agung Ayu W.