JAYSEN/2101627673/LA35

METABROWN CHAIR

 

 

Coffee shop merupakan sebuah tempat dimana semua orang dapat berkumpul, bersantai dan mengerjakan berbagai tugas dan pekerjaan, khususnya bagi para kaum milenial dan orang-orang kantoran. Pada umumnya, mereka datang ke coffee shop karena suasana coffee shop yang cenderung lebih nyaman dibandingkan dengan restoran pada umumnya. Dalam mata kuliah design furniture 3 ini saya mendapatkan project untuk membuat sebuah Lounge Chair untuk sebuah kafe yang telah saya survey. Lounge Chair yang telah saya desain telah saya sesuaikan dengan situasi dan kondisi coffee shop tersebut.

 

Dari beberapa coffee shop yang telah saya survey, saya memilih Crematology Coffee. Crematology Coffee merupakan sebuah salah satu coffee shop yang sering dikunjungi oleh orang-orang kantoran yang berada di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Coffe shop ini memiliki interior dengan nuansa rustic dan menggunakan furniture dengan gaya scandinavian dengan warna-warna tegas, sehingga nuansa yang ditekankan dalam coffee shop ini sedikit lebih tegas daripada coffeshop lainnya. Untuk mengurangi nuansa tegas dari coffee shop tersebut, pemilihan furniture harus disesuaikan dengan konsep yang digunakan. Coffee shop tersebut dapat menggunakan furniture dengan warna coklat dan hitam untuk memberikan kesan yang lebih santai.

 

 

Lounge Chair yang saya desain menggunakan konsep “Ruskea”. Ruskea berasal dari Bahasa Finlandia yang artinya warna coklat. Saya menggunakan nama “ruskea” tersebut karena crematology coffee merupakan coffe shop yang bergaya rustic serta menggunakan banyak material dari kayu solid dan berwarna coklat. Untuk memadukan nuansa coffe shop yang rustic dan Scandinavian, dengan menggunakan material lain seperti rangka dari besi yang di bending dan bantalan dudukan pada kursi yang dibungkus dengan kulit sintetis berwarna coklat dengan tone yang lebih soft. Kursi lounge chair ini saya beri nama METABROWN CHAIR. Nama tersebut saya ambil berdasarkan dari 2 (dua) material utama yang digunakan untuk memproduksi kursi lounge chair tersebut yaitu META yang berasal dari kata metal dan berarti besi dan BROWN yang berarti warna coklat.

 

PRODUCTION REPORT

15 Mei  :Pergi ke bengkel kursi untuk menjelaskan dan   menyerahkan gambar kerja kepada tukang.

20 Mei  :Rangka kursi sudah terbentuk dan sudah dilas

27 Mei  :Rangka kursi sudah dicat semprot warna hitam   gloss dan dipasangi dudukan

Dudukan belum sesuai gambar kerja.

  Revisi.

29 Mei  :Dudukan kursi sudah sesuai gambar kerja.

30 Mei  :Lounge chair selesai dipresentasikan pada  kelas Furniture Desain 3.

  Evaluasi Dosen.

30 Juni  :Revisi sesuai Evaluasi Dosen.

  Sandaran punggung kursi yang terlalu tipis dan   mudah sakit sebelumnya untuk diperbaiki.

04 Juli  :Kursi sudah diperbaiki sesuai Evaluasi Dosen.