YOHANNES/2101667986/LA35

Project Design Furniture 3, saya diberikan tugas untuk membuat sebuah kursi café. Pada awalnya kami disuruh untuk mensurvey café dan saya memilih café bene sebagai café dimana furniturnya akan dikembangkan untuk tugas Design Furniture 3. Hasil survey sangat berguna untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada pada furnitur di café tersebut dan dapat saya pelajari untuk membuat sebuah kursi yang sesuai dengan ergonomi postur duduk manusia agar kursi yang diduduki dapat terasa nyaman. Setelah proses survey, dilakukan tahap-tahap dalam pengembangan kursi , mulai dari membuat studi bentuk, studi material, dll agar dapat menentukan bentuk dan bahan yang sesuai dengan kebutuhan café.

Setelah bahan, bentuk, warna dari kursi telah melalui proses asistensi pada dosen hingga mendapat keputusan desain final, maka yang kemudian dikerjakan adalah mematangkan gambar produksi dengan detail sambungan antar rotan, pola ikatan, tipe anyaman untuk disampaikan kepada pengrajin mebel rotan.  Pengerjaan kursinya di Cirebon. Kursi melalui proses revisi yang panjang dan diskusi yang mendalam selama pembuatannya.

Saya dapat banyak pengalaman melalui mata kuliah DF3 dimana ini adalah pembuatan kursi pertama yang asli desain saya. Ilmu pertukangan, kerajinan rotan, perkenalan dengan karakter rotan, hingga bergaul dengan para pengrajin rotan di bengkel mebel Cirebon sangatlah berkesan.