Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Alvin Daniel Heryadi 1901479152

Saat ini di Indonesia permainan komputer atau biasa disebut E-sports mulai berkembang, khususnya di Jakarta. Apalagi sejak kejuaraan E-sports dilombakan di ajang Asian Games 2018, semakin banyak masyarakat yang mulai terjun ke dunia gaming baik profesional maupun individu. Namun dari semua fasilitas yang diberikan, ada beberapa hal yang masih dilewatkan oleh pengusaha pusat permainan E-sports, seperti penggunaan meja yang tidak bisa menunjang hardware dari komputer. Akibatnya meja–meja yang ada terlihat berantakan dan tidak rapi. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah rancangan furnitur yang sesuai peruntukkan E-sports ini.

 

Selanjutnya perancangan furnitur memperhatikan aspek kerapihan kabel–kabel perangkat komputer agar tidak terurai berantakan dan membahayakan pengguna. Furnitur didesain memiliki ruang simpan barang pribadi di dalamnya. Kursi bagi area regular gaming dilengkapi dengan penumpu kaki untuk istirahat setelah bermain game. Hal ini berguna mengalirkan darah lancar dari kaki yang selama bermain game tertekuk kurang dari 90 derajat.

Meja komputer didesain kompak mengacu ruang yang minim dan kebutuhan laci penyimpanan barang pribadi.

 

Bentuk furnitur untuk pusat permainan E-Sports ini terinspirasi dari circuit board dengan ciri khas gari-garis  penghubung “Connection”. Bentuk ini diterapkan pada furnitur set sehingga menghasilkan rangka furitur yang memiliki kesan terhubung dan segaris pada bagian lekukan dan sambungannya.