Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Difa Azzahra 1901505352

Setiap individu membutuhkan wawasan baik secara langsung maupun tidak langsung. Museum adalah salah satu media tempat yang dijadikan wadah wawasan bagi masyarakat atau individu untuk menambah ilmu pengetahuan. Museum bukan hanya sebagai tempat wisata, melainkan untuk menambah wawasan nusantara serta menghimbau para pengunjung untuk lebih perduli kepada lingkungan dan tetap menjaga sejarah serta kebudayaan negara Indonesia. Wawasan nusantara yang diangkat pada perancangan ini ialah wawasan nusantara Indonesia atau biasa kita kenal dengan national geographic Indonesia sebagai respon dari maraknya tuntutan sosial dan ilmu pengetahuan. Yang ditekankan pada museum ini ialah menampilkan gambaran berapa banyak kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia, mulai dari kekayaan alam hingga kekayaan kebudayaan yang ada.

 

Konsep perancangam berasal dari latar belakang kekayaan harta benda yang Indonesia miliki seperti halnya alam, sejarah, kebudayaan, penemuan arkeologi, dan lain sebagainya. Kekayaan Indonesia ini juga sebagai ciri khas negara agar dapat lebih mudah dikenali orang negara lain, sehingga pentingnya menjaga segala yang berhubungan dengan Indonesia. Saat ini banyak orang yang belum mengetahui apa saja kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia, sehingga diperlukannya edukasi baru untuk menunjang wawasan lebih dalam lagi. Terinspirasi dari kasus tersebut, muncul sebuah ide untuk merancang museum yaitu Museum National Geographic Indonesia yang memiliki tujuan agar dapat meningkatkan pengetahuan bagi pengunjung mengenai kekayaan yang Indonesia miliki serta menghimbau paengunjung untuk lebih mnecintai kebudayaan, sejarah, alam serta lingkungan. Oleh karna itu konsep perancangan desain Museum National Geographic Indonesia ini adalah “Bumandhala Aguna Kaya Nusantara” yang berarti sebagai kekayaan bumi di tanah Indonesia sebagai edukasi yang bermanfaat, dan bertujuan untuk menciptakan suasana ruang yang dapat menyatu dengan alam.

 

Konsep perancangan pada interior Museum National Geographic Indonesia menerapkan tema “steampunk maritim” dengan menerapkan element interior sebagai bagian dalam kapal selam. Sedangakan maritim menjadi salah satu local content di Indonesia sebagai konsep perancangan museum. Tema tersebut dibuat karena, kehidupan di bumi ini dibutuhkannya keseimbangan ekosistem antara makhluk hidup dengan lingkungannya.