Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Ega Bella Safitri 1901482001

Preschool dengan pendekatan Reggio Emilia di Jakarta ini merupakan perancangan interior dengan konsep sustainable design yang mengangkat tema “Spirit through the Sky” yang mengartikan semangat yang melampaui langit. Salah satu karakter anak adalah jiwa yang bersemangat. Langit memiliki zona yang tak berbatas dan memiliki banyak elemen yang menarik bagi pandangan anak.

 

Elemen–elemen yang ada di langit salah satunya adalah awan. Awan merupakan sekumpulan tetesan air atau juga kristal es pada atmosfer yang terjadi disebabkan karena pengembunan atau pemadatan uap air yang terdapat di dalam  udara setelah melampaui keadaan yang jenuh. Filosofi awan yang berbentuk paling besar sebenarnya hanyalah sebuah kumpulan/tumpukan awan kecil. Awan bisa mencerminkan kreatifitas anak dikarenakan  yang tidak beraturan dan bisa berbentuk apa saja sesuai dengan pengelihatan seseorang dan imasinasinya.

 

Menerka-nerka bentuk awan memerlukan imajinasi yang tinggi, dan rasa ingin tahu yang kuat. Karakteristik ini berhubungan dengan karakteristik yang dimiliki anak. Bentuk utama yang dimiliki awan adalah bentuk “bulat”. Bentuk bulat ini yang dikembangkan menjadi bentuk baru yang diaplikasikan pada layouting Preschool dengan pendekatan Reggio Emilia di Jakarta ini.

 

Salah satu citra yang dimiliki awan adalah kelembutan/lembut. Citra ini yang diambil untuk pengaplikasian treatment interior pada Preschool. Berkaitan pendekatan Reggio Emilia , konsep perancangan interaksi anak sebagai pengguna menyatu dengan lingkungan sekitar yang diwujudkan menjadi ruangan yang terbuka dan pemilihan material alam dan ramah anak.