Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Diandra Fadhilah 1901525820

Visiting Betavieen” atau dalam Bahasa Indonesia adalah Mengunjungi Betawi (masyarakat), merupakan tema yang diusung sebagai konsep perancangan interior Pusat Cenderamata ini. Mengunjungi / Berkunjung merupakan istilah yang sering digunakan sebagai bentuk aksi mendatangi sebuah tempat atau sekelompok orang untuk melakukan kegiatan tertentu, biasanya kegiatan ini mengarah ke hal-hal yang menyenangkan. Masyarakat Indonesia kerap menggunakan kata berkunjung untuk menjumpai sanak saudara atau kerabat. Tema ini diambil untuk menciptakan sebuah Pusat Cenderamata yang dapat mengengalkan masyarakat dan kebudayaan Betawi bagi pengunjung toko. Konsep ini diintepretasikan secara visual yang telah diolah dan mengambil beberapa inti pokok yang mencerminkan masyarakat Betawi sebagai inspirasi desain. Inspirasi ini kemudian diterapkan ke dalam elemen-elemen interior.

 

Sebagai tempat yang menyajikan pertunjukan seni dan budaya, Pusat Cenderamata memanggil atau menyewa perkumpulan pemain orkes, lenong dan tari untuk mengisi kegiatan. Pertunjukan tidak berlangsung setiap hari, sehingga para pelaku tidak diharuskan tampil setiap hari.

Citra Ruang yang ingin ditimbulkan dalam Pusat Cenderamata ini merupakan bagian yang penting, karena tema yang diusung dari perancangan konsep ini yang bertujuan untuk menngenalkan Budaya Betawi melalui terapan interior yang mampu menggambarkan masyarakat Betawi mulai dari suasana rumah adat, karakteristik dan kebudayaannya.

 

Tidak hanya menggambarkan kebudayaan masyarakat Betawi, Perancangan ini juga harus dapat mempermudah proses belanja dan perasaan tenang dan santai bagi para pengunjung agar dapat menghabiskan waktu lebih lama di toko dan memungkinkan terjadinya lebih banyak pembelian produk. Oleh karena itu, adanya citra dan alur ruang yang menarik perlu diterapkan agar pengunjung tidak mudah bosan.