Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Annisa Nurpriani 1801410102

Dewasa ini, aktivitas kebugaran telah menjamur dan popular terutama pada masyarakat perkotaan, tren ini pun tidak dipungkiri pada Ibu hamil. Ibu hamil baiknya mementingkan dan memperhatikan aspek kesehatan baik secara psikis maupun psikologis. Oleh karena itu, yoga dinilai dapat membantu calon ibu untuk lebih rileks dan santai dalam menghadapi masa kehamilan. Yoga dinilai dapat memberikan pelajaran tentang teknik pernapasan yang lebih baik bagi ibu hamil, dimana teknik tersebut penting bagi fisik dan juga mental sang Ibu terkait dengan perubahan hormon yang mempengaruhi diri secara fisik. Dengan teknik pernapasan yang baik, hal ini tentu bisa membantu Ibu dalam mengontrol emosi pada masa kehamilan, dan dapat memberikan asupan oksigen yang baik untuk sang calon bayi. Terlepas dari itu, pernapasan yang baik juga dapat membantu Ibu untuk mengurangi rasa sakit selama proses kontraksi dan bersalin.

 

Selain yoga, SPA (Solus Per Aqua) yang merupakan metode penyembuhan dan perawatan dengan air juga kini telah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian masyarakat, dimana SPA dinilai dapat mengembalikan kesegaran dengan memanjakan dan membantu untuk merileksasikan tubuh. Perkembangan SPA tidak dapat dipungkiri, terlihat dari tren SPA untuk Ibu hamil dan bayi yang sedang marak terutama pada masyarakat perkotaan. Tak hanya untuk orang dewasa, SPA juga dapat dinikmati oleh anak-anak mulai dari usia 3 minggu, yang dinilai dapat memberikan stimulasi positif baik dalam perkembangan mental maupun fisik bayi dan anak.

 

Konsep perancangan pada Mom & Kids SPA and Yoga Center ini adalah “Hembus Pawana” dimana hembus berarti; hembusan, embus, (angin) dan pawana berarti angin. Dengan konsep ini, pengunjung diharapkan dapat merileksasikan pikiran, tubuh dan jiwa melalui elemen – elemen interior yang akan ditampilkan. Pada elemen interior, bentuk yang akan ditampilkan merupakan bentuk yang organik halus dengan alur yang lembut selayak alunan kasih seorang ibu, sehingga dapat memberikan kesan yang harmonis dan manis. Dengan warna – warna alam yang menyejukan mata, hijau, kuning, cokelat dan sedikit aksen berwarna biru serta pink atau merah agar dapat mempermanis dan mempercantik interior dari konsep tersebut.