Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Feren Natasha Prycillia Loesi 1901476352

Pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Awalnya, pakaian dibuat sebagai tanggapan akan reaksi dan keadaan lingkungan di sekitar, sebagai alat yang digunakan untuk menutupi dan melindungi tubuh terhadap lingkungan sekitar. Di zaman modern ini, fashion merupakan salah satu unsur yang sangat diminati berbagai kalangan sehingga pendidikan tentang fashion sangat berpengaruh dalam berkembangnya pengetahuan peminat terhadap fashion. Pendidikan fashion mulai banyak bermunculan akan tetapi masih terbilang kurang memadai melalui fasilitas yang disediakan. Meningkatnya peminat fashion yang ingin memperdalam pengetahuannya di dalam pendidikan fashion, maka dibutuhkan tempat dimana peminat fashion mendapatkan tempat dan ruang yang baik dan dapat mewadahi kebutuhannya untuk menggali ilmu serta menyalurkan kreatifitas yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang memenuhi kebutuhan penggunanya.

Perancangan interior sekolah fashion merupakan perancangan interior dengan konsep sustainable design dengan bertema “Idyllic White” untuk menghadirkan kesan elegan pada elemen interior. Perancangan interior ini menggunakan gaya interior kontemporer yang mengambil ide desain dari bentuk bunga mawar putih yang berabad-abad digunakan sebagai simbol kepercayaan, kesungguhan dan kejujuran. Pemilihan kata idyllic di dorong oleh makna yang terkait dari kata itu sendiri. Kata idyllic memiliki beberapa makna, salah satunya adalah excellent, perfect, delightful in all respect dan charmingly simple. Perancangan interior ini mengangkat tema idyllic white dengan tujuan dapat memberikan elemen interior sekolah fashion yang excellent dan nyaman bagi peminat fashion dalam kegiatan pembelajaran secara profesional.

 

Gaya kontemporer dipilih dalam perancangan interior ini dikarenakan desain yang lahir dari gaya interior kontemporer lebih fleksibel dan menampilkan tampilan interior yang lebih rapi dan bersih sehingga pengaplikasian konsep gaya kontemporer pada sekolah fashion akan memberikan kenyamanan kepada mahasiswa maupun staff dan dosen yang sedang bekerja maupun selama beraktivitas di dalam gedung sekolah.

 

Fashion sangat identik dengan bentuk dan flow yang dapat menciptakan suatu kesatuan bentuk yang elegan. Bentuk organik dari bunga mawar tersebut memiliki karakteristik kuat yang dapat menghidupkan suasana elegan dan terpercaya melalui elemen-elemen interior yang diaplikasikan menyerupai bentuk organik bunga mawar. Warna-warna alam sebagai warna dominan memberikan kesan ruang  lebih luas, lapang dan tinggi, dan warna aksen memberikan kesan elegan dan mewah seperti warna gold dan rustic red.