Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

 Fitri Yuntari 1901494342

Perkembangan Tempat Penitipan dan Kreativitas anak yang semakin maju, Kota-kota besar di Indonesia mulai mengembangkan bisnis ini terutama Jakarta, Ibu kota Indonesia. Bertujuan sebagai pengganti dari orangtua untuk anak ketika orangtua sedang bekerja menjadi tujuan utama dari Tempat Penitipan dan Kreativitas Anak. Tempat penitipan anak harus memperhatikan lingkungan maupun perancangan interior pada tempat ini. Material – material ramah lingkungan ataupun yang anti bakteri sangat diperlukan pada perancangan tempat penitipan dan kreativitas anak karena berpengaruh dengan kesehatan dan kebersihan pada anak – anak. Perancangan ini menggunakan konsep fruity fun yang berhubungan dengan keamanan dan psikologi anak serta mendukung perkembangan kreativitas anak. dengan menggunakan bentuk – bentuk organik dari buah – buahan maka menghasilkan perancangan yang memiliki lebih sedikit sisi tajam yang dapat membahayakan anak – anak. bentuk yang tidak memiliki sisi tajam juga berpengaruh kepada psikologi anak yang memberikan kesan tidak terbatas kepada anak – anak. Dengan memberikan warna – warna dan kegiatan – kegiatan seperti bermain akan dapat meningkatkan kreativitas anak sekaligus mendukung perkembangan anak.

 

Tempat Penitipan dan Kreativitas Anak adalah sebuah lembaga resmi yang dibuat untuk memudahkan orangtua dalam melakukan aktifitas bekerja dengan menitipkan anak saat bekerja atau tidak berada di rumah. Tempat Penitipan dan Kreativitas Anak dapat menggantikan peran orangtua dalam merawat dan mengasuh anak, dan juga mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan di sekitar. Kreativitas merupakan suatu ungkapan sering diberikan kepada orang yang bisa menciptakan ide atau gagasan baru. Khususnya bagi anak usia dini yang serba ingin tahu selalu menciptakan sesuatu yang sesuai dengan keinginan dan imajinasinya. Tujuan kreativitas adalah memberikan kesempatan kepada anak untuk mewujudkan atau mengekspresikan apa yang dirasakannya agar dapat melatih kepercayaan dirinya. Tempat Penitipan dan Kreativitas Anak biasanya terletak pada lokasi yang strategis antara tempat-tempat perkantoran ataupun tempat bisnis yang mempermudah orangtua anak agar bisa menjemput dan mengantarkan anak sesuai dengan jam kerja mereka.

 

Pada umumnya usia yang ideal untuk menitipkan anak di tempat penitipan anak dan kreativitas anak yaitu bayi usia 6 bulan keatas. Karena pada usia tersebut bayi sudah mulai merangkak dan dapat mengurangi sedikit kesusahan ketika bayi berada jauh dari orangtua. Perancangan Tempat Penitipan dan Kreativitas Anak harus sesuai dengan standarisasi yang sudah ada agar anak – anak maupun orang tua anak dapat merasa tenang untuk menitipkan anak mereka pada Tempat Penitipan dan Kreativitas anak. Bukan hanya membantu menjaga kesehatan dan pertumbuhan anak, tetapi juga Tempat Penitipan dan Kreativitas Anak memberikan pelatihan untuk mengembangkan kreativitas anak dengan memberikan kesan yang baik untuk psikologis anak – anak.