Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Adlina Khairana 19014 89216 / LA 35

Pusaka bisa diartikan sebagai senjata atau dapat juga diartikan sebagai peninggalan leluhur sehingga merupakan benda yang tidak ternilai harganya. Begitu pentingnya benda pusaka sehingga harus diturunkan secara turun-temurun kepada generasi selanjutnya agar dapat terus dilestarikan. Museum Pusaka yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta memiliki berbagai koleksi pusaka hingga mencapai 5.000 buah seperti senjata tradisional, kursi miliki Pakubowono X dan memiliki 12 koleksi Masterpiece. Namun cara Museum Pusaka menyampaikan dan memajang berbagai koleksi nya terkesan sangat konvensional dan kurang dipikirkan secara matang sehingga tidak begitu menarik untuk dilihat. Kemudian kurangnya minat remaja serta stigma masyarakat akan keris yang erat kaitannya dengan halhal berbau mistis. Jika terus berlanjut maka benda-benda pusaka akan semakin terlupakan dan hilang. Maka itu diusulkan perancangan interior museum yang dapat menarik generasi milenial dan anak muda untuk datang dan mengenal benda pusaka.

 

Sebuah museum yang lebih interaktif, pengunjung tidak hanya melihat benda pajang secara terus-menerus namun juga mendapatkan pengalaman lain bersamaan dengan mendapatkan informasi seputar benda koleksi museum. Sehingga selain mengajak generasi 2 milenial agar tertarik mempelajari benda pusaka, diharapkan akan ikut mengubah stigma masyarakat akan keris serta memberikan pengalaman museum yang baru.

 

Konsep perancangan Museum Pusaka adalah Panca Babad, diambil dari Bahasa Sansekerta yang berkisah tentang 5 Kisah Keris koleksi masterpiece dari Museum Pusaka. Panca Babad terdiri atas Keris Sajen, Keris Jalak Buda, Keris Nagasasra, Keris Sabuk Inten dan Keris Arjuna Pasopati. Kelima keris membentuk bidang dan jumlah segi-5  selanjutnya diterapkan dalam rancangan interior. 5 area tata pajang, meliputi Ruang Pendahuluan, Area Introduksi dan Sejarah Keris, Area Fungsi Keris dan Pengenalan Pusaka Nusantara, Area Masa Jaya Keris, Area Pergantian Fungsi Keris memiliki 1 keris masterpiece yang menjadi bagian cerita serta konsep tiap area.