Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Intania Safani Runaya Al Fakah 1901518140

Panti Asuhan sebagai badan yang memberikan substitutiveservice menjadi tempat tinggal alternatif bagi anak-anak terlantar. Panti asuhan memiliki ruang-ruang semipublic yang terbatas untuk anak yang jumlahnya banyak sehingga terjadi berbagai persoalan dalam berkegiatan di dalamnya. Kajian teori menunjukan bahwa dalam kegiatan bertinggal , manusia berusaha membangun ikatan positif dengan hunian yang berujung pada pemaknaannya sebagai home.

 

Sebagai panti asuhan islam yang berlandaskan jelas dengan agama islam, panti asuhan diharapkan dapat memberikan fasilitas yang dapat mendukung kegiatan rohani serta dapat memberikan ilmu agama dan mendidik karakter anak asuh menjadi religious.

 

Pada perancangan panti asuhan islam khusus remaja putri ini, penulis bermaksud untuk merancang sebuah interior yang sesuai dengan tujuan panti asuhan putri Muhammadiyyah yaitu memfasilitasi anak yatim, piatu, yatim piatu dalam mencari, memilih dan menentukan arah hidup yang tepat bagi bekal masa depan kehidupannya sebagai manusia yang bermartabat, berguna bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat kelak dihari nanti. Dan menurut visi misi Muhammadiyyah yaitu selain membessarkan anak juga bertujuan membekali nilai-nilai agama islam, dan akidah akhlak. Mengacu kepada tujuan panti asuhan putri tersebut penulis menerapkan konsep Rhythm of the light atau cahaya yang berirama yang mengartikan seperti representasi proses perkembangan remaja. Berkaitan dengan visi misi Muhammadiyyah penulis ingin menerapkan nilai-nilai islam dalam perancangan.

 

Perancangan panti asuhan islam khusus remaja putri ini penulis mengambil konsep “Rythm of the light”, konsep tersebut di realisasikan dengan penataan tata ruang yang beritme seperti ritme cahaya, dengan memberikan suasana yang energetic namun tetap sederhana. Pada konsep “Rhythm of the light”, initerpilih dengan mempertimbangkan arti dan makna tempo yang teratur, namun dapat memiliki berbagai macam jenis, berkaitan dengan tata ruang di panti asuhan islam khusus remaja putri. Selain itu juga sebagai representasi dari proses perkembangan pada remaja. Makna dari konsep cahaya yang berirama juga diambil dari makna logo Muhammadiyyah yaitu matahari yang memancarkan sinar putih yang mengarah ke segala penjuru. Matahari merupakan titik pusat dalam tata surya dan sumber kekuatan bagi makhluk hidup yang ada di bumi, Muhammadiyyah diharapkan dapat menjadi sumber kekuatan spiritual dengan nilai-nilai islam yang bertitikan dengan dua kalimat syahadat. Maka dari itu konsep dari perancangan ini akan berkaitan dengan aarti rhythm of the light itu sendiri yaitu berirama, serta sedeerhana. Suasana yang ingin diciptakan ialah suasana yang berkaitan dengan karakteristik dan sifat dari cahaya yaitu energetic.

 

Dalam perancangan interior ini, penulis ingin menghadirkan sifat dan bentuk yang damai, nyaman,tenang,peduli,ceria,bersih dan juga sederhana yang di aplikasikan pada fasad bangunan maupun interiornya. Dengan penerapan material – material yang ramah lingkungan maupun alami.