Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Gracella Hapsari Wijaya 1901465815

Salon kecantikan adalah sebuah tempat usaha yang bergerak di bidang jasa kecantikan yang berhubungan dengan perawatan kecantikan dan kosmetik untuk pria dan wanita. Dimana salon kecantikan sebagai tempat untuk memperindah dan mempercantik tubuh dengan menyediakan perawatan berkaitan dengan kesehatan kulit, keindahan rambut, estetika wajah, perawatan kaki, perawatan kuku, waxing atau hair removal lainnya, dan sebagainya yang berhubungan dengan pelayanan kecantikan tubuh.

 

Konsep yang diangkat untuk Perancangan Desain Interior pada Pusat Kecantikan ini adalah ‘ Back to Nature’, yaitu kembali ke alam. Alasan diambilnya konsep ini karena perancangan salon dan spa ini ditujukan untuk masyarakat modern yang tinggal di Jakarta yang memiliki kesibukan dan gaya hidup yang meningkat, sehingga memicu ketegangan psikis. Karena itu mereka membutuhkan tempat relaksasi untuk menghilangkan kepenatan.

 

Bahan yang digunakan pada lantai yaitu, parket dan karpet. Parket untuk memberikan kesan hangat, sedangkan karpet memberikan kenyamanan saat tamu berada di dalam ruangan. Untuk dinding, bahan yang dipakai yaitu cat, wallpaper, panel kayu, dan bamboo. Untuk plafon, menggunakan gypsum. Di beberapa ruangan akan diterapkan up ceiling maupun down ceiling.

 

Untuk sistem keamanan untuk kebakaran diperlukan perangkat seperti alarm kebakaran, alat pendeteksi asap (smoke detector), dan alat penyiraman air (sprinkler) pada setiap ruangan. Sedangkan untuk mencegah pencurian atau penyelundup, perangkat yang diperlukan adalah CCTV (Closed Circuit Television), Security Alarm System dan pengawasan lebih dari staff-staff yang bertugas dalam pengawasan keamanan. Untuk signage berupa logo menggunakan kayu yang dibentuk dengan menggunakan teknik laser cutting.