Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Ingrid Kirsten Agustina Ibnu 1901480173

Perkembangan industri fotografi berkembang cukup pesat dan memberikan dampak penting bagi pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Salah satu upaya untuk mendorong perkembangan industri kreatif bidang fotografi adalah dengan menghadirkan wadah kreatif yang dapat menampung para pelaku industri fotografi. Perancangan pusat kreatif komunitas fotografi ini merupakan tempat fisik yang dapat mengumpulkan para pelaku kreatif dan menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan dalam bidang fotografi. Kegiatan fotografi tersebut meliputi aktivitas edukasi, rekreasi, komersil, dan ruang kumpul komunitas untuk menyalurkan bakat dan minatnya dalam dunia fotografi. Perancangan ini mengangkat konsep Retro – Memorism yang menghadirkan kesan nostalgia, dengan sentuhan kenyamanan, ekspresif, kreatif dan inovatif dengan memperhatikan aspek-aspek standarisasi interior. Pusat kreatif ini menerapkan desain yang sustainable yang bertujuan untuk membantu memperkenalkan dan memberikan kesadaran bagi generasi muda untuk lebih mencintai lingkungan.

 

Ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu sektor penting untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkualitas. Melalui ekonomi kreatif, kita dapat memajukan citra dan identitas Negara, mengembangkan sumber daya dan mempercepat pertumbuhan inovasi dan kreativitas dalam negeri. Fotografi sebagai salah satu bagian dari subsektor ekonomi kreatif tidak hanya memberikan kontribusi ekonomi, namun dapat mendorong kreativitas individu dalam memproduksi citra dari suatu objek foto dengan menggunakan instrumen fotografi seperti kamera.

 

Meskipun subsektor fotografi telah berkembang pesat ditengah masyarakat, namun masih banyak permasalahan yang sering dijumpai baik di industri fotografi, komunitas fotografi, dan juga para pelaku fotografi di Indonesia. Maka dari itu dalam upaya melakukan pengembangan industri fotografi di Indonesia, terutama di wilayah Jakarta, hadirnya pusat kreatif komunitas fotografi merupakan salah satu langkah yang mendorong untuk melakukan pemetaan terhadap ekosistem fotografi dan menjadi wadah kreatif untuk menampung seluruh aktivitas yang berkaitan dengan dunia fotografi.

 

Perancangan pusat kreatif komunitas fotografi merupakan tempat fisik yang dapat mengumpulkan orang-orang kreatif untuk saling mendukung dalam komunitas maupun bisnis di bidang ekonomi kreatif terutama dibidang fotografi. Dalam perancangan tersebut, hal-hal yang diperhatikan adalah menyediakan fasilitas yang nyaman, lengkap dan memadai sehingga dapat menunjang seluruh kegiatan dan aktivitas dari komunitas fotografi sehingga fotografi dapat dikenal luas oleh masyarakat umum.