Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Kautsar Amanina 1901506544

Pendidikan anak usia dini memiliki peran yang krusial bagi anak, terutama pada zaman yang modern ini, dimana teknologi yang semakin canggih dapat menurunkan minat anak untuk belajar dengan lingkungannya. Memberi pembelajaran dini pada anak merupakan hal yang penting karena anak berada pada golden age, yang juga disebut sebagai masa terbaik untuk perkembangan otak dan fisik anak. Oleh karena itu, dibutuhkan stimulasi untuk melatih kemampuan anak secara maksimal. Perancangan interior design “Pusat Kreativitas dan Permainan Anak Di Bandung” bertujuan sebagai fasilitas untuk melatih dan mengembangkan kemampuan anak terutama kreativitas dan motorik anak melalui permainan tradisional. Implementasi permainan tradisional pada pusat kreatif anak juga bertujuan untuk memberi wawasan kepada anak perihal sejarah dan budaya dari permainan tradisional Indonesia, serta sebagai upaya untuk melestarikan permainan tradisional tersebut tersebut.

 

Konsep perancangan berasal dari latar belakang pentingnya memberikan dan memperhatikan pendidikan anak usia dini agar anak dapat mencapai kemampuannya secara maksimal, terutama di zaman yang semakin modern dan semakin canggihnya teknologi yang dapat mengurangi minat anak untuk belajar dengan lingkungan sekitarnya.

 

Permainan tradisional dapat meningkatkan kreativitas anak dalam berpikir dan bermain bersama teman sebayanya. Penerapan permainan tradisional sebagai sarana pengembangan kreativitas anak juga memiliki tujuan untuk melestarikan budaya tersebut. Oleh karena itu, konsep yang digunakan untuk perancangan interior “Pusat Kreativitas dan Permainan Tradisional Anak di Bandung”adalah “Gembira Dalam Nostalgia”, yang berarti anak dapat belajar dan melatih kreativitasnya melalui suatu kegiatan yang menyenangkan yaitu permainan tradisional yang sudah ada pada waktu terdahulu.

 

Perancangan Pusat Kreativitas dan Permainan Tradisional Anak di Bandung gaya yang diterapkan menekankan pada suasana yang ceria bagi pengguna khususnya anak-anak dengan penggambaran alam yang terbuka dan mengutamakan penggunaan cahaya alami. Didominasi oleh penggunan kayu untuk menciptakan suasana yang serupa dengan alam.