Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Levina Joe S. 1901456685

Di tengah kesibukan dan gaya hidup yang semakin padat membuat kalangan wanita terutama wanita karir semakin kurang memperhatikan kecantikan pribadi, kesehatan psikis dan kesehatan fisik. Kalangan wanita menyukai hal yang berkaitan dengan perawatan, dengan itu dibutuhkan tempat yang menyediakan pelayanan relaksasi dan kecantikan. Perancangan interior pusat relaksasi aromaterapi ini memberikan suatu perawatan didukung dengan penerapan elemen interior yang memaksimal pengguna lebih merasakan relaksasi dan tenang bagi pengunjung sehingga lepas dari rutinitas sehari-hari. Konsep interior Pusat Relaksasi Aromaterapi terinspirasi dari bunga chamomile, yang sesuai dengan tujuannya yakni dengan membuat wanita menjadi segar kembali dan memberikan kehangatan dan suasana relaks. Perancangan interior Pusat Relaksasi Aromaterapi disesuaikan dengan pemilihan warna hangat dan material yang dapat mendukung customer dapat merasakan suasana relaksasi.

 

Kebutuhan ruang yang dibutuhkan untuk pengunjung yakni area resepsionis, area tunggu, ruang toilet, area lounge, area cuci kaki, area makeup, ruang spa, ruang massage, ruang reflexology, merchandise store.

 

Konsep interior pusat relaksasi aromaterapi adalah bunga chamomile yang berhubungan dengan tujuan dari pusat relaksasi aromaterapi yakni m dengan memberikan suatu suasana yang mendukung customer dalam melakukan perawatan relaksasi lebih maksimal agar menjadi lebih segar sesudah melakukan perawatan. Seperti hal-nya perawatan bunga selain memberikan nutrisi dari dalam (perawatan relaksasi) namun lingkungan dalam segi penerapan interior harus juga mendukung agar customer lebih merasakan suasana relaks. Penerapan warna yang diaplikasikan pada interior pusat relaksasi aromaterapi yakni warna-warna hangat, seperti warna kuning, coklat, abu-abu dan putih. Pemilihan penerapan warna hangat pada interior pusat relaksasi aromaterapi dikarenakan warna hangat dapat memberikan efek psikologis lebih relaksasi. Penerapan bunga chamomile diaplikasikan pada interior pusat relaksasi aromaterapi seperti, wall treatment, ceiling treatment , penerapan warna pada interior dan layout mendukung pengguna dalam melakukan aktifitasnya secara maksimal.

 

Pusat relaksasi aromaterapi dibagi menjadi 5 zona yakni zona public, semi public, semi private, private dan service. Setiap zona memiliki citra ruang yang berbeda-beda, untuk zona public, semi public, dan private akan dirancangan dengan suasana nyaman, tenang, hangat sesuai dengan fungsinya dan tujuan yakni untuk membuat customer merasa lebih relaksasi. Sedangkan pada zona service dan semi private akan dibuat menjadi suasana dinamis. Zona service dan semi private merupakan zona staff bekerja sehingga dibutuhkan suasana yang mendukung dalam melaksanakan pekerjaan.