Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Grishella M.Y.T 1901517825

Perancangan Sanggar tari dan Musik modern untuk remaja ini berasal dari latar belakang permasalahan yang berkaitan dengan berkurangnya minat para anak-anak dan remaja di Indonesia melakukan kegiatan- kegiatan informal yang membatu mereka untuk mengasah kreatfitas yang mereka miliki. Para anak-anak dan remaja mulai meninggalkan kegiatan informal sehingga menyebabkan menurunnya minat mereka untuk melatih talenta yang mereka miliki. Hal ini dikarnakan sarana dan fasilitas yang disediakan oleh sanggar tari dan musik kurang menarik dalam segi Design interior yang menjadikan para remaja kurang tertarik untuk mengikuti kegiatan yang ada.

 

“Ekspresi jalanan” sebagai konsep dalam perancangan Interior. Penulis memakai konsep tersebut karna tari dan musik terlahir dari sebuah kreatifitas sebuah komunitas-komunitas yang berasal dari jalanan yang dikembangkan secara drastis sampai detik ini, dengan suasana tarian dan musik yang lebih beragam. Maka dari itu penulis mengambil konsep dari kata Ekspresi jalanan, dimana ekspresi jalanan itu sendiri ialah mengekspresikan sebuah asa mulanya tarian dan musik di lahirkan yang dimana konsep tersebut dapat diaplikasikan pada element interior yaitu floor, wall, ceiling, dan furniture.

 

Pembagian zona dalam perancangan Sanggar Tari dan musik dibagi menajadi lima yaitu, public, semi Public, Semi Private, private, dan service. Pertimbangan yang dimiliki dari zoning yang salah pilih ialah terdapata zona private yang dibagi menjadi dua lantai, zona public rata tersebar dibagian depan, zona semi public banyak mendapatkan cahaya matahari, zona private berdekatan dengan zona semi public yang berisikan kelas-kelas. Pertimbangan yang dimiliki dari grouping yang salah satunya adalah area ruangan guru yang berdekatan dengan ruangan manager, ruangan principal dan meeting room. Selain itu seluruh lantai mendapatkan cahaya yang merata dari skylight.

Pada ruangan guru dibagi menjadi lantai satu dan tiga, sedangkan dining area staff dibagi menjadi dua bagian yang berada pada lantai satu dan tiga.