Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Monita 1901470765

Melakukan olahraga dapat membantu membuat lebih semangat melakukan aktivitas sehari-hari dan sejenak melupakan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari. Sports club adalah pilihan yang tepat untuk melakukan olahraga sambil berekreasi. Tujuan penulis melakukan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana cara merancang sports club menggunakan interior yang ramah lingkungan dan dapat mendukung fasilitas dengan sirkulasi udara yang baik, dapat menciptakan suasana yang aman, nyaman dan segar, sehingga kegiatan berolahraga dapat berlangsung secara efektif. Metode penelitian dilakukan dengan melakukan studi literatur, wawancara dan observasi. Dengan menggunakan konsep a tropical getaway untuk menghadirkan sifat-sifat alam yang menyegarkan dan menenangkan, dengan cara memasukan unsur-unsur alam yang berada di luar bangunan ke dalam bangunan melalui penggunaan material yang bersifat green design.

 

Konsep a tropical getaway dipadukan dengan gaya interior minimalis. Gaya interior minimalis mengutamakan kesederhanaan (simplicity) dengan menggunakan elemen putih, pencahayaan yang terkesan dingin, ruang yang besar dengan objek dan furniture yang minimum. Bentuk-bentuk dasar geometris, tidak adanya hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana dan pengulangan struktur merupakan ciri khas minimalis. Bentuk-bentuk yang akan ada pada perancangan ini menggunakan perpaduan bentuk-bentuk geometris. Pada ruang bermain anak konsep citra ruangan yang dirancang adalah sebuah ruangan yang terlihat menyenangkan, tidak kaku dan membosankan agar anak-anak mau melakukan kegiatan olahraga ataupun bermain tanpa merasa bosan.

 

Dinding bata plester, dinding bata ekspos dan gypsum yang dicat atau diberi wallpaper, ada juga dinding partisi dengan bentuk geometris dengan ornamen geometris dan dinding mural pada ruang bermain anak yang berfungsi sebagai elemen dekoratif pada dinding. Sistem pencahayaan yang akan digunakan adalah pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Pencahayaan alami digunakan dengan cara memaksimalkan cahaya matahari yang masuk lewat bukaan-bukaan dan jendela-jendela yang terdapat pada bangunan sports club. Sedangkan pencahayaan buatan secara umum menggunakan general lighting menggunakan downlight lampu LED bulb karena bias lampu ini dapat menyebar menerangi keseluruhan ruangan dan memiliki daya tahan yang lama sehingga menghemat penggunaan listrik. Selain itu, juga akan digunakan accent lighting seperti lampu pendant, spotlight dan wallwasher yang berfungsi untuk menonjolkan bagian menarik dari ruangan tersebut.