Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Stefanus Kencana Alamsyah 1901483780

Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memberikan fasilitas dan solusi desain furnitur kepada para komunitas khususnya pencinta anjing yang membutuhkan suatu wadah / tempat yang bisa digunakan untuk berkumpul membawa anjing mereka dan juga membagi informasiapapun yang berkaitan dengan hewan  anjing. Beberapa aspek yang menunjang fasilitas furnitur yang ada di Pusat Komunitas Pencinta Anjing antara lain adalah aspek ergonomis, aspek daya tahan material terhadap sifat-sifat anjing yang beraneka ragam, dan juga aspek sustain material.

 

Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode penelitan dengan cara survey ke beberapa tempat yang bersangkutan seperti kafé yang boleh membawa anjing, petshop, tempat grooming, dan juga beberapa komunitas anjing. Perancangan ini merupakan suatu upaya agar masyarakat lebih terbuka terhadap hewan peliharaan khususnya anjing agar ke depannya lebih banyak tempat yang menyediakan fasilitas untuk para pencinta anjing dapat berkumpul dan bermain bersama anjing-anjing mereka.

 

Perancangan furnitur dan aksesoris dari Pusat Komunitas Pencinta Anjing ini terinspirasi dari bentuk hewan anjing. Bentuk yang diambil adalah bentuk lengkung (organik) dari anjing itu sendiri. Warna yang digunakan adalah warna-warna cerah seperti kuning, orange, dan juga warna cerah lainnya. Material yang digunakan lebih banyak menggunakan besi dan juga kayu karena melihat dari sifat anjing yang suka menggigit dan juga menyakar.

 

Konsep furnitur berdasarkan fungsi dan juga tema yang telah dipilih. Untuk bagian café akan menggunakan furnitur dengan dominan warna cerah seperti warna orange, kuning, dan juga hitam dengan material yang digunakan seperti kain, kayu dan juga besi. Dengan menggunakan bahan besi pada kerangka furnitur akan membuat lebih kokoh dan juga mengurangi beban pada furnitur karena menggunakan besi hollow. Selain itu juga, guna untuk menghindari dari gigitan anjing. Pada bagian dudukan menggunakan polyester dan juga kain yang tidak mudah menyerap air.