Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Nur Muhammad Iskandar 1901460064

Desain interior Conclave WijayA Cafe berkonsep industrial. Sebuah konsep mengusung tema industrial bergaya workshop dimana lazim menggunakan material daur ulang berkarakter kokoh, sifat permukaan cenderung kasar , seperti baja ekspos , besi ekspos dan kayu solid tua. Warna-warna maskulin hitam, abu-abu dan  coklat dengan serat kayu nyata serta karat besi tampil berkilau dan finishing natural adalah juga merupakan karakter gaya industrial. Cocok mendukung gaya komunitas motor terlihat country karena anak motor tampil berkesan garang , maskulin dan keren.

 

Konsep perancangan furnitur Conclave WijayA Cafe adalah “Simple and Masculine with a touch of Motorcycle Characters” jadi memiliki konsep yang diambil pada karakter dari motor dan pengguna itu sendiri. Dan untuk Simple and Masculine yaitu sifat dari pengunjung yang dominan laki-laki dan termasuk dalam komunitas motor dan diterapkan untuk warna furnitur dan interior, warna tersebut adalah hitam, coklat dan  abu-abu karena warna tersebut sangat melambangkan garang, gagah serta kuat.

 

Untuk Motorcycle Characters yaitu karakter dari motor yang diterapkan pada furnitur, dan karakter motor yang diaplikasikan yaitu bentuk dari rangka motor, seperti lekukan dan lingkaran yang banyak pada motor. Dan konsep perancangan ini juga mengedepankan green design dengan menggunakan material yang sustainable design atau material yang tahan lama pada furnitur saat digunakan dan tampil kokoh. Bentuk dari Furnitur yang terinspirasi dari karakter motor dan mengadopsi dari bentuk sepeda motor yaitu pada bagian lekukan rangka dan lingkaran pada bagian sepeda motor dan diaplikasikan pada furnitur kursi, meja dan aksesoris.

 

Konstruksi menggunakan teknik bending karena hampir semua rangka berbentuk lekukan dan lingkaran. Sistem sambungan tiap komponen berangka besi menggunakan teknik pengelasan. Dan untuk bagian yang menggunakan material berbeda seperti kayu dan besi pelat yaitu menggunakan sekrup untuk disatukan menjadi komponen.

 

Finishing furnitur untuk material besi yaitu finishing seiv paint black super doff, untuk kayu natural dengan melamic. Sedangkan untuk dudukan serta sandaran kursi menggunakan rangka triplek dilapis cushion, terakhir dibungkus kulit sintetis teknik jahit tepi.