Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Nadia Imanningrum 1901513663

Perawatan kecantikan dan kebutuhan kosmetik akan menjadi gaya hidup, terutama di kota-kota besar, seperti Makassar. Di zaman sekarang ini, banyak wanita modern, juga pria, berlomba-lomba untuk menjaga diri agar lebih cantik dan bersih. Masih banyak pusat kecantikan yang membutuhkan perhatian masyarakat yang tidak memperhatikan desain interior, meskipun akan sangat menarik untuk menyusun pusat kecantikan menggunakan sirkulasi yang baik dan fasilitas yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Metode yang digunakan adalah wawancara, studi literatur dan observasi lapangan. Dengan kebutuhan masyarakat akan adanya fasilitas yang komplit mulai dari perawatan kecantikan ujung rambut hingga sampai kaki. Dengan pengangkatan konsep “Kekayaan Laut Bunaken”, di dalam interior bagi masyarakat Makassar maupun yang dari luar Makassar bisa menikmati suasana laut Bunaken. Pada akhirnya, terciptalah perancangan interior beauty center di Kota Makassar yang mengingatkan kita semua ke mother nature dengan adanya green design dari local content.

 

Perancangan interior Beauty Center  berkonsep local content Indonesia yang berasal dari laut Bunaken. Citra ruangan tampil clean, fresh dan higienis dalam suasana pantai dan cakrawala di atas laut Bunaken.Material yang dipakai untuk lantai adalah, keramik dan parquette yang berbeda, ini sebagai penanda perbedaan fungsi ruangan atau perbedaan suatu area dalam ruangan, bentuk lantai yang akan diterapkan adalah penggunaan material lantai berbeda. Dinding brick wall & gypsum yang akan di finishing dengan cat, partisi kayu, keramik. Langit-langit drop ceiling 20cm. Warna berkonsep “kekayaan laut Bunaken” memberi pesan untuk senantiasa arief kepada alam.

 

Model furnitur yaitu style mid- century modern dan kebanyakan furnitur dibuat custom. Partisi dinding dibuat custom yang berbentuk seperti terumbu karang. Material yang digunakan untuk furniture adalah multiplex dan finishing dengan hpl.

 

Pada akhirnya, terciptalah sebuah interior beauty center di Kota Makassar yang mengingatkan kita semua kepada mother nature melalui bentuk lengkungan koridor dan pembubuhan warna alam seperti tosca yang terinspirasi dari lautan, coklat muda dari pasir laut dan juga pink pastel dari pasir pantai.