Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Namora Fatrinka 1901518872

Saat ini restaurant bukan hanya sebagai tempat makan, melainkan sebagaitrend atau gaya hidup. Restaurant memiliki peran penting dalam gaya hidup manusia, ialah berupa aktivitas social di dalamnya. Dengan berkembangnya restaurant sebagai salah satu gaya hidup yang sedang digemari, maka pentingnya menciptakan restaurant sebagai salah satu tempat yang membantu masyarakat untuk hidup lebih sehat. Gaya hidup yang ingin diangkat pada perancangan ini ialah gaya hidup healthy food sebagai respon dari maraknya tuntunan social dan kesadaran diri sendiri. Dalam perancangan gaya hidup healthy food ini, dikhususkan pada bahan makanan organik.

 

Seiring berkembangnya teknologi, ditemukan adanya pergeseran minat masyarakat untuk berbelanja bahan makanan sehari – hari dan lebih memilih untuk melakukannya pada teknologi yang tersedia, namun sebenarnya ada beberapa manfaat yang di dapat ketika berbelanja makanan secara langsung. Untuk menjawab persoalan diatas, perlu di ajukan fasilitas berupa Healthy Food Restaurant andOrganic Market, dimana adanya tempat yang nyaman dan menarik dalam dunia kuliner di Ibu Kota Jakarta, sehingga dapat meningkatkan minat pengunjung untuk berkunjung dan mendapatkan suasana yang baru. Tidak hanya menyajian healthy food di restaurant namun terdapat organic market dimana pengunjung dapat memilih secara langsung bahan makanan yang akan mereka makan dan melihat secara langsung pula cara pengolahan makan yang benar.

 

Untuk mendukung perancangan interior healthy food restaurant and organic market, perlu adanya konsep interior yang yang bersahabat dengan alam dan tema yang berkaitan dengan arti tersendiri dari makna organik, maka akan dihasilkan interior yang asli dan murni, sesuai dengan harapan yang ingin dikembalikan dari rasa tersebut.

 

Mengusung tema interior yang menyatu dengan alam, dengan memberikan suasana outdoor pada interior healthy food restaurantand organic market. Pada konsep “Naturopathy Original”, initerpilih dengan mempertimbangkan arti dan makna tersendiri dari organic, dimana organic food adalah makanan yang diproduksi menggunakan metode yang tidak melibatkan system kimia didalamnya. Makna dari konsep organik juga dikaitkan dengan makanan yang murni. Sedangkan arti dari Naturopathy ialah gaya hidup di masa lalu, yakni mengonsumsi makanan bebas pencemaran zat kimia. Maka dari itu konsep dari perancangan ini akan berkaitan dengan arti naturopathy dan organik itu sendiri yang saling berkaita satu dengan lainnya, dimana akan adanya penerapan bentuk – bentuk organik dan murni, serta alur sirkulasi dari layout yang akan menyesuaikan dengan penerapan makna organic di dalamnya. Suasana yang ingin diciptakan ialah suasana yang berkaitan dengan karakteristik dan sifat dari healthy concern yaitu sifat powerful dan energetic.

 

Dalam perancangan interior ini, penulis ingin menghadirkan sifat dan bentuk dari alam yang menyegarkan, menenangkan dan dapat melepas kepenatan, yang di aplikasikan pada fasad bangunan maupun interiornya. Dengan penerapan material – material yang ramah lingkungan maupun alami, seperti kayu untuk treatment lantai, penggunaan vertical garden pada area main dining, dan bentuk bentuk organic pada elemen interior. Bentuk-bentuk geometris akan diterapkan pada furniture untuk mendukung dari konsep “Naturopathy Original”, sedangkan untuk menonjolkan unsur alam yang dinamis penggunaan bentuk – bentuk organik akan di terapkan pada elemen – elemen interior .