Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Wahyu Prasetya 1901501083

Perencanaan Interior Museum Seni Rupa Kontemporer ini bertujuan untuk melestarikan koleksi lukisan dan patung yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi melalui perancangan museum yang memperhatikan segi ergonomi, estetik, serta sirkulasi ruang sesuai dengan standar perancangan museum yang baik. Perancangan museum ini bertujuan untuk memperlihatkan karakteristik seni kontemporer secara bersamaan melalui karya seni serta desain interior museum.

 

Metode dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif dalam proses pengumpulan data yang dilakukan melalui tahap pengumpulan studi literatur, dan survei lapangan yang kemudian diikuti dengan metode perancangan melalui tahap analisa data dan masalah, pembuatan konsep desain, pembuatan gambar kerja (2D), dilanjutkan dengan pembuatan gambar 3D.

 

Konsep Perancangan Desain Interior pada Museum Seni Rupa Kontemporer ini adalah Urban Kontemporer, yaitu pengaruh nuansa perkotaan. Pada Museum Seni Rupa Kontemporer alasan diambilnya konsep ini karena nuansa perkotaan sangat dekat dengan masyarakat masa kini, sehingga tidak terasa asing dan akrab. Gaya ini sangat diminati bagi masyarakat urban.

 

Museum kadang bisa lebih dari sekadar tempat untuk beristirahat untuk melepas Lelah dengan total. Ada unsur kenyamanan pada tema urban kontemporer, sekaligus refreshing, unsur yang memberikan rasa tenang. Konsep perancangan ini juga mengadopsi gaya-gaya kontemporer yang sudah dikombinasikan dengan bentuk yang simplicity dan geometris dan memberikan nuansa yang berbeda di dalam ruangan.

 

Karena citra ruang urban kontemporer yang menggunakan warna netral maka bahan yang digunakan pada lantai adalah lantai laminasi vinyl yaitu HPL taco Grey Slate dan Malibu. Material yang telah dipilih untuk memberikan kesan hangat pada ruangan serta memberikan kenyamanan saat pengunjung berada di dalam ruangan. Untuk dinding galeri permanen dan temporer, bahan yang digunakan yaitu cat dulux warna White on White dan Snowfield sedangkan untuk dinding area resepsionis menggunakan HPL taco vinyl Milky Ramone Gloss. Untuk plafon, bahan yang digunakan adalah papan gypsum dan acrylic warna putih susu yang diterapkan panel light untuk galeri permanen dan resepsionis. Untuk furniture, bahan yang dipakai yaitu HPL Taco vinyl Natural Beech, New Zealand Oak Spirit, dan Terrazzo warna putih coklat.