Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Siti Haniefah Rohmat 1901461520

Pada zaman yang semakin modern ini, masyarakat semakin peduli dengan masalah penampilan khususnya wanita. Seiring perkembangan zaman pelayanan yang ditawarkan juga berkembang dengan beragam cara, mulai dari perawatan yang tradisional hingga modern. Jadi dibutuhkan tempat perawatan kecantikan yang mengkhususkan wanita sebagai pelanggan dan karyawannya agar privasi wanita tetap terjaga. Tempat perawatan kecantikan seperti salon atau spa khusus wanita seringkali kita jumpai, namun belum memenuhi kebutuhan tempat perawatan dan kecantikan bagi wanita muslimah karena banyak tempat yang memanfaatkan tenaga kerja laki-laki.

 

Tujuan perancangan interior pusat perawatan dan kecantikan muslimah untuk memenuhi kebutuhan wanita muslimah dalam menjaga kesehatan dan kebersihan kulit dan wajah. Penulis melakukan metode penelitian dengan studi literatur maupun survey lapangan untuk mewawancara narasumber agar memperolehan data yang lebih akurat. Observasi dan analisa dilakukan setelah terkumpulnya data. Juga bagaimana merancangan interior yang sesuai dengan citra muslimah dengan nuansa Islami yang terinspirasi dari lokal konten tanpa mengabaikan fungsi dan estetika dari setiap ruang.

 

Sesuai dengan latar belakang yang memfokuskan perawatan kecantikan pada wanita muslimah dalam perancangan interior pusat perawatan dan kecantikan yang bertujuan untuk memberikan fasilitas yang memadai dan menarik bagi para wanita muslimah. Oleh karena itu, perancangan interior diterapkan konsep “Graceful in Simplicity” yang memiliki arti anggun dalam kesederhanaan karena menurut Islam anggun dan cantik tidak hanya dilihat dari paras atau luar saja tetapi juga dilihat dari dalam seperti sikap dan perbuatan seseorang.

 

Perancangan interior terinspirasi oleh bunga melati putih dimana penerapannya pada interior adalah dengan mengadaptasi ataupun mengambil esensi dari karakteristik bentuk dan garis bunga melati kemudian diterapkan pada layout furniture, wall treatment, dan pada bentuk furniture. Garis lengkung dari kelopak bunga melati yang diterapkan akan memberi kesan anggun. Garis lengkung dan material yang memberi kesan warm pada ruangan akan menghadirkan suasana tenang dan rileks. Perancangan interior pusat perawatan dan kecantikan muslimah ditujukan agar dapat menjadi wadah muslimah untuk merawat diri dengan menyediakan fasilitas yang memadai, pelayanan yang ramah dan dilakukan oleh wanita.

 

Suasana Islami dan tradisional Indonesia juga ingin dihadirkan pada perancangan interior. Dengan mengambil inspirasi gaya interior tradisional Indonesia namun disederhanakan untuk mendukung konsep “Graceful in Simplicity” yang lebih mengutamakan kesederhanaan serta diterapkan seni Islam sebagai dekorasi elemen interior.