Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Bobby Adi Hutama 1801438321

Perkembangan teknologi pada fotografi telah mengalami berbagai kemajuan yang memberikan dampak perubahan pada banyak bidang dan dapat menarik perhatian, minat serta keinginan masyarakat untuk mempelajari fotografi. Hal tersebut melahirkan suatu kebutuhan akan adanya fasilitas ruang belajar yang edukatif untuk mewadahi kebutuhan masyarakat dalam belajar fotografi. Hadirnya sekolah fotografi cenderung kurang maksimal dan kurang memperhatikan fungsi hingga kenyamanan, sehingga diperlukan sebuah desain yang interaktif dimana masyarakat dapat belajar melalui berbagai media. Metode yang digunakan dalam perancangan desain interior sekolah fotografi ini yaitu dengan metode kualitatif melalui proses studi literatur, wawancara dan observasi hingga ke pengembangan konsep desain. The Spirit of Light merupakan konsep yang terinspirasi dari energi dan cahaya yang diharapkan dapat memberikan semangat, rasa percaya diri danmenggambarkan kegembiraan yang dapat diterapkan ke dalam segi interior dengan menggunakan warna – warna cerah dan enerjik, penggunaan bentuk – bentuk geometris dan irama gerakan yang dinamis.

 

Konsep perancangan interior sekolah fotografi ini adalah The Spirit of Light. Spirit mempunyai arti semangat atau kekuatan yang berkaitan dengan tujuan utama sekolah yaitu mengembangkan potensi diri. Sedangkan kata Light atau cahaya yang berkaitan dan berperan penting pada kamera, yang dimaksudkan sebagai bentuk penggambaran dari sebuah keberhasilan yang akan terus menyala. Terinspirasi dari semangat dan cahaya tersebut diharapkan dapat memberikan semangat, rasa percaya diri, menunjukkan kegembiraan dan energi yang dapat diterapkan ke dalam segi interior dengan menggunakan warna–warna cerah dan enerjik. Kemudian menghadirkan bentuk furniture dan aksen ruang dalam bentuk–bentuk geometris serta irama gerakan yang dinamis, menggunakan bahan material yang ramah lingkungan dan memperhatikan keamanan serta kenyamanan. perlu diperhatikan juga pencahayaan yang baik dantepat agar sesuai dengan kebutuhan guna menunjang aktivitas kegiatan mengajar dan belajar.

 

Menerapkan desain yang berkelanjutan merupakan sebuah konsep yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan, dengan meminimalisir penggunaan material beracun dan diproduksi secara ramah lingkungan, pemanfaatan material dapat di daur ulang secara berkelanjutan, memperhatikan kualitas dan daya tahan produk yang berfungsi baik memiliki umur pakai secara lama yang dapat mengurangi perawatan serta penggantian. Menggunakan material yang tersedia dari lingkungan dan lokasi perancangan. Memaksimalkan penghawaan dan pencahayaan alami guna menghemat energi.