Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Tsana Adilla Primades 1901495502

Saat ini, trend berolahraga tidak hanya diminati oleh kaum pria namun juga oleh para kaum wanita. Para kaum wanita saat ini makin sadar akan kesehatan diri dan manfaat dari olahraga itu sendiri. Oleh karena itu, women-only fitness studio saat ini mulai bermunculan sebagai salah satu sarana penunjang olahraga yang dikhususkan untuk para kaum wanita.

 

Sarana ini dibuat agar para kaum wanita dapat merasa lebih nyaman saat berolahraga, terutama untuk para wanita muslim (berhijab) yang mungkin kurang nyaman jika berolahraga di fitness studio umum. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat khususnya para kaum wanita, maka kebutuhan akan keberadaan women-only fitness studio ini juga ikut meningkat.

 

Tidak hanya karena umumnya berlokasi di pusat keramaian, women-only fitness studio ini juga menawarkan kebutuhan-kebutuhan olahraga untuk kaum wanita yang berbeda dengan fitness studio umumnya, serta membuka kelas program olahraga yang khusus diperuntukkan untuk kaum wanita yang tidak disediakan di fitness studio umum lainnya. Selain itu, kelengkapan fasilitas, infrastruktur, kenyamanan dan program-program yang disediakan juga menjadi salah satu faktor penting dalam keberadaan fitness studio ini. Perancangan interior women-only fitness center ini sangat sesuai untuk dihadirkan di tengah padatnya Ibu Kota Jakarta, dikarenakan women-only fitness center ini menawarkan kebutuhan-kebutuhan olahraga dan pola hidup sehat bagi para wanita ditengah sibuknya dan lelahnya kegiatan setiap hari. Hal tersebut juga didukung dengan target market dari women-only fitness center ini sendiri yang difokuskan kepada para eksekutif muda, ibu rumah tangga maupun wanita karir.

 

Dengan konsep “Her World”, tempat ini dirancang sebagai sarana olahraga khusus wanita yang women-friendly. Dengan konsep tersebut, diharapkan pengunjung dan pengguna dapat berolahraga secara nyaman namun tetap menyenangkan. Konsep ini sendiri memiliki arti atau kiasan tentang sebuah dunia atau tempat bagi para wanita. Hal ini didukung dengan bentuk-bentuk maupun pemilihan warna serta gaya yang diimplementasi dari sifat maupun hal-hal yang identik dengan wanita. Perancangan interior ini sendiri, ingin menghadirkan suasana yang modern, lembut dan fresh. Sehingga menunjukkan bagaimana sebuah dunia yang terinspirasi atau diambil dari sifat, watak maupun style seorang wanita.

 

Perancangan women-only fitness center sebagai judul pada tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi contoh dalam perancangan studio ataupun fitness center yang akan datang.