TUGAS M.K. DESAIN FURNITUR 2: HOTEL

YOHANNES

LA35/2101667906

Pada project Design Furniture 4, saya disuruh untuk men survey hotel – hotel yang kemudian akan dianalisa untuk membuat kursi dan aksesoris berdasarkan hotel yang telah disurvey. Hotel yang saya survey adalah hotel Yello. Hotel Yello memiliki konsep fun yang bisa dilihat dari warna interiornya yaitu menggunakan warna cerah seperti kuning dan putih, dan pada furniturenya juga bisa dilihat memiliki konsep yang cukup menarik. Maka dari itu saya membuat sebuah furniture dan aksesoris dengan konsep yang berhubungan dengan hotel Yello.

 

Setelah proses analisa, saya juga membuat tahap – tahap pengembangan furniture saya seperti studi bentuk, studi material, studi warna dan studi ergonomi yang kemudian diasistensi oleh dosen. Setelah proses asistensi, saya pun mencari tukang yang akan mengerjakan project dari Design Furniture saya. Tukang yang mengerjakan furniture saya berlokasi di Cirebon. Setelah berdiskusi dengan tukang dan menjelaskan tentang furniture yang akan saya buat seperti memberikan gambar teknik dan 3D, setelah itu barulah tukang mulai mengerjakan kursi saya.

 

Bahan – bahan yang digunakan pada furniture dan aksesoris saya menggunakan kayu, penggunaan material kayu bertujuan agar furniture dapat bertahan lama dan aman untuk diduduki sesuai ergonomic. Kemudian warna yang digunakan adalah menggunakan cat berdasarkan warna dari interior dari hotel Yello yaitu kuning dan putih, kuning dan putih pada kayu dan hitam pada upholstery.

 

Pengalaman yang menarik adalah dapat memproduksi kursi kedua saya dan dapat membuat kursi ottoman. Saya juga berdiskusi langsung dengan tukang mengenai produksi pada kursi dan aksesoris. Pelajaran yang didapatkan pada project kali ini adalah dapat mengetahui produksi – produksi dari material kayu dan bagaimana cara joint pada kayu.