TUGAS M.K. DESAIN FURNITUR 2: HOTEL

JAYSEN

LA35/2101627673

Pada semester ini saya mendapatkan project Design Furniture 4 : Boutique Hotel untuk mendesain sebuah kursi dan aksesoris yang sesuai dengan hotel yang sudah di survey. Hotel yang saya survey dan saya ambil untuk dijadikan project adalah Hotel Gunawarman yang terletak di Jl. Gunawarman, Jakarta Selatan. Furniture dan aksesoris yang saya buat diberi nama “Lowkey Chair” nama ini diambil dari konsep dari furniture dan aksesoris yang sudah saya buat yaitu LOWKEY.

 

Nama LOWKEY digunakan karena kata tersebut memiliki makna tenang dan santai yang sesuai dengan suasana yang ada pada Hotel Gunawarman tersebut yang didalamnya banyak menggunakan warna-warna hangat dan cenderung lebih gelap sehingga memberi kesan yang tenang dan juga elegan. Di Hotel Gunawarman ini memiliki 3 jenis kamar, disetiap kamarnya juga memiliki nuansa yang berbeda-beda. Yang saya ambil adalah jenis kamar hotel Mansard Room, dimana kamar hotel tersebut menggunakan warna tembok krem kecoklatan dengan intensitas lebih gelap, didalamnya juga banyak menggunakan furniture dengan gaya kontemporer dengan warna yang gelap juga seperti warna merah gelap dengan bahan kain velvet, biru tua navy, hijau tua army dengan bahan velvet yang dipadukan dengan sempurna dengan nuansa pada ruangan tersebut.

 

Furniture yang saya desain masuk ke kategori lounge chair yang di desain dengan gaya kontemporer mengikuti furniture sekitarnya dan dicampurkan dengan menggunakan bentuk melengkung sehingga terlihat fleksibel dan modern. Finishing pada furniture juga menggunakan warna yang memberikan nuansa tenang dan elegan, maka dari itu di furniture yang saya desain menggunakan kayu mahoni dangan finishing warna dark brown pada kayunya dan pada bantalan dan dudukan pada kursi menggunakan warna dark green velvet. Begitu juga aksesoris yang saya desain, menggunakan material yang sama pada kursi dan juga warna-warna finishing yang sama pada kursi. Aksesoris yang saya pilih adalah lampu, karena akan ditempatkan disudut pada ruangan yang dimana pencahayaannya sedikit kurang, maka dibuatlah sebuah standing lamp untuk menerangi bagian tersebut dan lampu tersebut juga ditempatkan tepat disampinnya sehingga dapat digunakan sebagai lampu baca.