TUGAS M.K. DESAIN FURNITUR 2: HOTEL

NADYA HANA SITOMPUL

LA35/2101692962

U-Turn Chair & Lamp didesain untuk lobby ARTOTEL Jakarta. Memiliki konsep bentuk melengkung yang terinspirasi dari simbol “u-turn” pada lalu lintas. Tema yang digunakan pada kursi & lampu ini adalah modern, bright, dan colorful. Unsur dari tema tersebut dapat terlihat dari bentuk kursi dan lampunya, selain itu juga terlihat dari penggunaan warna pada kursinya.

Bentuk melengkung terlihat jelas pada busa sandaran, rangka rotan pada kaki dan sandarannya. Warna yang digunakan pada U-Turn Chair adalah warna komplimenter. Warna ungu tua adalah ciri khas warna ARTOTEL. Maka dari itu untuk menambah kesan colorful, warna kuning menjadi pilihan untuk dipasangkan dengan warna ungu tua. Sedangkan rotan pada kerangka kursi dan lampu tidak diganti warnanya karena ARTOTEL sendiri juga banyak menggunakan furnitur dari rotan.

 

Karena U-Turn Chair & Lamp didesain untuk lobby ARTOTEL, maka dari itu U-Turn Chair menggunakan ergonomi sofa/lounge chair. Selain itu, menggunakan 3 bahan material yang berbeda, yaitu rotan, fabric, dan busa. Rotan digunakan untuk lampu, kaki kursi, dan kerangka kursi. Sedangkan fabric dan busa digunakan pada bagian sandaran dan dudukan pada kursi.

 

Detail bentuk melengkung juga terlihat pada U-Turn Lamp. Dengan menggunakan material rotan, kap pada lampu terlihat jelas memiliki bentuk melengkung. Rotan-rotan kecil yang dilengkungkan dan disatukan membentuk sebuah kap lampu. Selain itu, pada kaki lampu juga terdapat lengkungan untuk menambah ciri khas bentuk lengkungan itu sendiri.

 

Penggunaan material rotan sangat berguna dalam mendesain U-Turn Chair & Lamp karena mudah dibentuk. Selain itu, rotan juga banyak digunakan pada desain furnitur di ARTOTEL sehingga desain U-Turn Chair & Lamp memiliki benang merah yang jelas dengan desain ARTOTEL itu sendiri