TUGAS M.K. DESAIN FURNITUR 2: HOTEL

Vandrey Januaz Fandawan

LA35/2101688624

Vier Chair merupakan sebuah hasil karya dari project mata kuliah Desain Furniture IV : Commercial and Hospitality Project di jurusan Desain Interior Universitas Bina Nusantara. Vier Chair merupakan sebuah lounge chair yang di desain untuk digunakan di dalam kamar hotel. Ada 3 Hotel yang telah disurvey, salah satunya Couleur hotel, yaitu sebagai hotel yang digunakan dalam project Vier chair ini.

 

Vier Chair berasal dari kata “vier”, yang berarti 4. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa afrika, karena sesuai dengan isu-isu global, yang salah satunya adalah rasisme. Seperti yang kita ketahui bahwa di benua afrika mayoritas penduduknya berkulit hitam/gelap. Untuk itu, desain kursi ini mendukung anti-rasisme dengan berprinsip hal-hal yang berbeda seperti warna dan bentuk bisa digabungkan menjadi satu kesatuan yang indah, tanpa merubah ciri khas aslinya. Vier Chair menggunakan konsep Hybritrial (Hybrid Material), dimana konsep ini merupakan konsep yang menggabungkan beberapa material menjadi 1 tanpa menghilangkan unsur dari masing-masing material.

 

Sesuai dengan arti kata “vier”, Vier Chair di desain dengan menggunakan 4 material yaitu rotan, kayu, busa, fabric. Rotan yang digunakan ada 2 jenis, yaitu rotan berdiameter 5cm dan anyaman rotan yang difinishing natural untuk memperlihatkan kontras warna dari kayu. Kayu yang digunakan adalah kayu mahoni yang terkenal cukup kuat, mudah didapat, dan harganya yang lumayan terjangkau. Finishing untuk kayu mahoni ini adalah warna Walnut/Coklat gelap untuk memberikan kontras warna sesuai dengan konsep di awal. Busa dan fabric digunakan untuk dudukan dari Vier chair ini dan warna fabric menggunakan warna putih sebagai wujud warna netral antara kedua warna material yang kontras sebelumnya. Vier Chair juga ditemani Vier Lamp yang dapat berfungsi sebagai rak buku juga.

 

Semoga hasil project Vier Chair and Lamp ini dapat bermanfaat dan nyaman digunakan oleh pengguna, dan juga semoga vier chair dapat menjadi inspirasi desain-desain selanjutnya agar dapat menjadi desain yang lebih baik dan bermanfaat lagi.