TUGAS M.K. DESAIN FURNITUR 2: HOTEL

WILLY HARFALAS

LA35/2021

Perancangan Olive Lounge Chair berdasarkan survei dilakukan di 3 hotel; Artotel, The Gunawarman dan Komaneka, semua berlokasi di ibukota DKI Jakarta. Survei menetapkan Hotel The Gunawarman sebagai lokasi perancangan furnitur, khususnya untuk interior tipe kamar Mansard. Ada beberapa tipe kamar yaitu White Classic, Mansard, Wood Deluxe, Executive Suite dan Junior Suite. Tipe Mansard Room paling menarik.

 

Proses perancangan dimulai dengan menentukan konsep dan tema yang sesuai dengan karakter hotel dan memperkuat citra hotel yaitu elegant-sophisticated. Setelah menemukan konsep, lanjut melakukan marketing mapping, studi bentuk, menentukan material dan menentukan ergonomi kursi mengacu pada tipe kursi.

 

Pohon Olive menginspirasi konsep Olive Lounge Chair elegant-sophisticated; menyadari betapa selarasnya buah olive (zaitun) bewarna hijau berkilau dengan batang pohon kokoh dituangkan sebagai ide perancangan. Warna hijau tosca Olive Lounge Chair menambah level keanggunan desain interior Mansard Room. Olive Lounge Chair menggunakan kayu mahoni yang bersifat keras, gurat kayu halus nan cantik dengan warna coklat kemerahan dipadu kain velvet hijau tosca membungkus busa kursi dengan komposisi 40-60.

 

Proses pengerjaan kursi sejak gambar kerja selesai dan didiskusikan kepada tukang mebel kayu dan sofa, adalah 3 minggu.

Supervisi dilakukan di Jepara dimana prototype kursi diproduksi.