Memahami komposisi melalui ilmu Nirmana, merupakan hal yang baru dan terkadang membingungkan bagi mahasiswa. Pada mata kuliah Sense of Design, Interior Binus memperkenalkan konsep komposisi dalam bentuk tiga dimensi melalui perancangan Ambience Box. Disebut demikian karena komposisi ini bentuk dasarnya berupa ruang dengan dimensi yang sudah dibatasi (misalnya; 25xx25x25 cm) dan mampu memunculkan suasana yang sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan pada karya tersebut.

Komponen floor, wall and ceiling diperlukan untuk membuat Ambience Box yang baik. Ketiga komponen tersebut diolah dengan menggunakan material sesuai kebutuhan konsep yang diinginkan, dengan menerapkan prinsip dasar komposisi. Mahasiswa bisa melakukan berbagai eksplorasi warna, material, dan tehnik pembuatan untuk membuat hasil yang maksimal.

Pengajar juga harus bereksplorasi agar kreativitas mahasiswa lebih berkembang. Pembatasan tema sebagai inspirasi karya Ambience Box terus diolah agar muncul kebaruan. Misalnya, pemanfaatan tema musical sebagai sumber gagasan membuat desain Ambience Box. Setiap musik memiliki ciri yang berbeda-beda baik secara ritme, melodi, bunyi, dan sebagainya yang memengaruhi suasana perasaan pendengarnya. Mahasiswa berusaha menerjemahkan berbagai genre music yang sudah dipilih, dalam bentuk komposisi. Setiap material yang dipilih menentukan ciri dan karakter musik yang menjadi sumber konsep.

Ambience Box dengan tema musik country

Ambience Box dengan tema musik rock

Ambience Box dengan tema musik anak-anak

Hasil karya Ambience box yang dipengaruhi musik country berbeda karakter dengan yang muncul dari musik rock, klasik, dangdut, hip-hop atau musik anak-anak. Dalam hal ini, mahasiswa dilatih peka pada musik dan memahami suasananya, sekaligus berpikir dan berkarya untuk mengolah material agar bisa menyampaikan ‘pesan’ pada sebuah karya Ambience Box.

Ambience Box dengan tema musik hip hop

Ambience Box dengan tema musik elektrik

Ambience Box dan mood board dengan tema musik dangdut

Ambience Box dan mood board dengan tema musik klasik

Bagi jurusan Desain Interior, karya Ambience Box memperkenalkan mahasiswa untuk memahami komposisi dalam bentuk tiga dimensi yang bermanfaat dalam penerapan pada desain ruang. Eksplorasi gagasan, material, komposisi, dan warna, menyatu dalam sebuah box; Ambience Box

Penulis: Ade Ariyani S. Fajarwati – Faculty Member