Studi Perspektif Perancangan Toko Skechers

Karya: Pitrry Putri / 2201760743

SKECHERS merupakan sebuah brand perusahaan retail yang menjual footwear bergaya performance dan lifestyle America. Perusahaan ini pada umumnya bekerja di bidang yang berfokus pada kategori footwear dan apparel. Skechers sendiri memiliki visi untuk menjadi perusahaan alas kaki paling sukses dan sumber alas kaki yang kontemporer, kasual dan akktif di seluruh dunia dengan mengoperasikan bisnis berkinerja tinggi kepada target market dari anak kecil hingga orang dewasa baik itu pria maupun wanita.

Konsep yang digunakan dalam perancangan retail SKECHERS ini adalah Industrial Rustic yang menhgasilkan interior yang setengah jadi dan memberikan kesan alamiah. Konsep design Industial Rustic ini menggambarkan bahwa Skechers hingga saat ini masih dalam proses perkembangan dalam mencapai visi nya yaitu menjadi perusahaan kaki paling sukses, kontemporer, kasual dan aktif di seluruh dunia. Selain itu juga menggambarkan kesan ekspos dan natural dimana skechers ingin menonjolkan produk nya dan mengembangkan kesan “bertenaga” dalam bidang sport.

Studi Layout Perancangan Interior Toko Skechers

Sirkulasi area yang digunakan adalah sirkulasi linear dimana furniture terlihat disusun berdasarkan simteris ruangan, dan dikelompokkan secara linear untuk membentuk perbedaan area. Dalam merancang interior sebuah retail, harus memperhatikan struktur bangunan dan  elemen interior yang meliputi wall covering, flooring dan ceiling ruangan dari segi material, efisiensi area sirkulasi, aksen ruangan dan juga visual merchandise yang akan menarik perhatian pengunjung untuk mengunjungi retail tersebut.

Selain penataan elemen interior, penataan mechanical electrical juga sangat penting untuk diperhatikan dalam merancang interior sebuah retail. Penempatan saklar, central ac, smoke detector dan sprinkle harus diperhatikan agar tidak menggangu efisiensi ruangan. Berkaitan dengan tata pencahayaan ruangan, terdapat beberapa general lighting seperti lampu spotlight untuk menunjukkan kepada pengunjung mengenai produk yang dijual, lampu downlight secara umum untuk menerangi seisi ruangan, dan lampu hidden pada down ceiling untuk memberikan aksen ruangan dimana kasir retail berada.

Studi Tampak Perancangan Interior Toko Skechers

Pengaplikasian konsep Industrial Rustic diterapkan dalam segi material recyclable yang digunakan untuk furniture dalam ruangan, segi warna yang digunakan untuk menciptakan kesan natural, serta diterapkan juga ke dalam elemen interior untuk memberikan kesan konsep yang kuat. Perancangan retail ini diharapkan untuk memberikan kesan “bertenaga” yang kuat untuk menonjolkan produk brand Skechers di bidang sport dalam kriteria footwear.

Studi Maket Perancangan Interior Toko Skechers